Sukses

Beauty

8 Organ Tubuh Penting yang Ternyata Jarang Diperhatikan Fungsinya

Sadarkah kamu bahwa kamu punya tubuh yang menakjubkan? Sayangnya banyak manusia tidak menyadarinya dan lebih banyak mengeluh tentang tubuhnya yang inilah yang itulah. Coba deh kenali seperti apa setiap bagian tubuhmu. Dilansir dari Reader's Digest Senin (16/4/2018), inilah sekian bagian tubuh yang jarang kamu perhatikan tapi punya fungsi menakjubkan.

1. Uvula
Bagian ini terletak menggantung di tenggorokan dan di atas lidah. Banyak orang tidak mengetahui apa fungsinya. Organ ini membantu nenek moyang manusia berbicara, atau minum sambil membungkuk di air. Tapi fungsi utamanya adalah mengeluarkan air liur dalam jumlah banyak.

Uvula juga dikaitkan dengan kebiasaan mendengkur. Sebuah penelitian di Italia mengungkapkan bahwa orang yang mendengkur memiliki lebih sedikit serat saraf dalam uvula mereka dibanding yang tidak mendengkur.

2. Alis
Bagi banyak wanita masa kini, alis suka dicukur dan digambar ulang. tapi tahukah kamu apa fungsi alis ada di atas matamu? Alis berfungsi melindungi mata dari serpihan debu, air, dan matahari. Alis juga menjadi faktor penting dalam kemampuan mengenal wajah.

Penelitian di Massachusetts Institute of Technology, Amerika Serikat, meminta partisipan mengidentifikasi foto wajah 50 orang terkenal, dengan mata mereka dihapus secara digital. Hasilnya, partisipan bisa mengenali setiap individu sekitar 60 persen. Namun, ketika alis dihilangkan dari foto wajah, mereka bisa mengenali 46 persen saja.

3. Rambut ketiak
Rambut ketiak seringkali tidak diinginkan, lebih banyak dicukur atau dicabut karena menimbulkan bau badan. Tapi tahukah kamu apa fungsi rambut ketiak ini? Rambut ketiak tumbuh di atas kelenjar keringat dan menghasilkan aroma tertentu dari tubuh, yang mungkin memikat atau menimbulkan gairah seksual.

4. Puting pada Pria
Di dalam rahim, selama 60 hari, semua embrio mengikuti aktivitas genetik yang sama, hingga testosteron pemilik kromosom Y mengubah arah aktivitas untuk tidak mengembangkan payudara. Puting pria merupakan organ tubuh yang tersisa dari proses perkembangan janin di dua bulan pertama. Namun puting pria masih berfungsi saat terjadi rangsangan seksual atau merasa kedinginan.

5. Tonsil (amandel)
Ketika tenggorokan sakit, kamu akan melihat jaringan seperti spons di bagian belakang mulut yang terlihat sedikit bengkak, merah, atau berbintik putih. Bagian inilah yang disebut amandel.

Umumnya bagian sistem limfatik, tonsil atau amandel ini melindungi tubuh dari infeksi yang masuk lewat hidung dan mulut. Namun, amandel juga bisa kelebihan beban bakteri atau virus. Jika menimbulkan masalah pada penyakit kronis atau pernapasan, tonsil bisa diangkat.

6. Kuku jari
Kuku jari bukan untuk hiasan, kuku jari berfungsi sebagai jendela kesehatan tubuh. Perubahan warna, adanya garis atau timbulnya bintik-bintik kecil bisa menjadi pertanda bahwa tubuh mengalami masalah kesehatan tertentu.

7. Umbai cacing atau usus buntu
Umbai cacing atau apendiks dianggap tidak punya fungsi, pada awalnya, tapi ternyata menurut riset Duke University Medical School, Carolina Utara, Amerika Serikat, organ ini merupakan rumah dari bakteri baik. Ketika mengalami apendisitis, tidak akan berpengaruh apapun ketika usus buntu dibuang.

8. Gigi bungsu
Gigi ini adalah gigi geraham yang membantu orang mengunyah makanan kasar seperti kacang dan daging. Gigi bungsu mulai mulai berkembang pada usia 10 tahun dan terasa sakit pada usia 17 dan 25. Namun, tidak sedikit yang baru mengalami nyeri karena tumbuh gigi bungsu ketika usia 30. Karena rentan menjadi penyebab penyakit pada gusi, kista, atau kerusakan pada gigi, tidak heran jika gigi bungsu banyak dicabut.

Itu dia beberapa bagian tubuh yang seringkali tidak diketahui fungsinya dan mungkin juga diabaikan. Kamu juga sering mengabaikannya ladies?

Sumber: Liputan6.com

(vem/feb)
Loading
Artikel Selanjutnya
Wanita Bertubuh Tinggi Hidupnya Panjang Umur, Menurut Studi
Artikel Selanjutnya
Menangislah, karena Ini Manfaat Menangis untuk Tubuh