Sukses

Beauty

Tips Sarapan Sehat ala Pelatih Cristiano Ronaldo

Ladies jangan pernah meremehkan manfaat sarapan. Aktivitas yang dilakukan setiap pagi nyantanya dapat membuat tubuh kuat dalam menjalani aktivitas harian dan membantumu lebih berkonsentrasi. Masyarakat Indonesia pun kini telah menyadari betapa pentingnya sarapan.

Survei sarapan penting

Hal tersebut dapat dilihat pada survei yang dilakukan perusahaan nutrisi global, Herbalife Nutrition, survei tersebut bertajuk ”Survei Sarapan Sehat di Asia Pasifik (Asia Pacific Healthy Breakfast Survey)” yang ditujukan untuk mengetahui kebiasaan dan pola sarapan serta kebiasaan konsumsi makanan bagi konsumen di Asia Pasiflk.

Survei ini diselenggarakan pada Februari 2018 yang lalu dan diikuti oleh lebih dari 5.500 responden di 11 negara Asia Pasifik yaitu; Australia, Hong Kong, Indonesia, Jepang, Korea, Malaysia, Filipina, Singapura, Taiwan, Thailand dan Vietnam. Hasil survei tersebut menemukan bahwa mayoritas responden memahami akan pentingnya sarapan sehat dalam meningkatkan kesehatan dan mengelola berat badan.

Untuk Indonesia, survei menunjukkan mayoritas responden (72%) setuju bahwa sarapan di pagi hari merupakan waktu makan yang paling penting dibanding makan siang dan makan malam. Survei ini juga mengungkapkan bahwa mayoritas responden (88%) melakukan sarapan di rumah, dibanding dengan (5%) yang melakukannya di kantor dan tiga persen yang melakukannya di jalan menuju kantor.


Sarapan sehat dan benar

Namun, kamu juga harus memperhatikan komposisi atau nilai gizi menu sarapanmu. Agar manfaat sarapan bisa dapat langsung dirasakan. Sebab survei menunjukkan bahwa 40 persen konsumen Indonesia menganggap karbohidrat sebagai nutrisi panting dalam sarapan.

Angka tersebut sama seperti protein, dimana 40 persen menganggap protein adalah nutrisi panting untuk dikonsumsi saat sarapan. Faktanya makanan tradisional sarat karbohidrat (56%) dan minuman panas (41%) masih menjadi menu sarapan favorit konsumen Indonesia.

Menurut filosofi di Herbalife Nutrition, asupan kalori untuk setiap porsi makanan seharusnya mengandung 40 persen karbohidrat, 30 persen protein, 30 persen lemak serta 25 gram serat dan delapan gelas air minum Untuk menjaga kesehatan tubuh.

Menurut Pelatih fisik Cristiano Ronaldo, Samantha Clayton, sarapan jangan hanya mencakup karbohidrat dan lemak sehat saja. Melainkan harus ada protein dalam menu sarapan mu sehari-hari.

Mengapa harus protein? Samantha mengatakan, protein dapat membantu kamu kenyang lebih lama. Bahkan, baik untuk rambut dan kekuatan otot.

“Kalau mengonsumsi protein saat sarapan pagi, itu membantu kenyang lebih lama. Jadi saat makan siang, tidak semua makanan dimakan, ini membantumu menjaga bobot tubuh,” ujar Samantha yang juga Vice President Worldwide Sports Performance & Fitness Herbalife tersebut, dalam acara `Media Briefing: Asia Pacific Breakfast Survey 2018` di Hotel Mulya, Senayan, Jakarta, pada Rabu (18/4).

Olahraga teratur

Agar tubuh lebih sehat dengan bobot tubuh seimbang. Sarapan sehat pun harus diiringi dengan olahraga terartur selama 30 menit dalam sehari dan lima hari dalam seminggu, dapat membuat tubuh lebih sehat.

“Olahraga bisa apa saja dan dapat dibagi waktunya. Misal per 10 menit kamu melakukan latihan perut dikursi, atau sit up. Atau hal-hal sederhana seperti jalan keparkiran atau naik tangga. Terpenting bergerak selama 30 menit perhari,” tambahnya.

(vem/asp)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading