Sukses

Beauty

5 Hal yang Perlu Kamu Hindari Ketika Sedang Berjerawat

Kulit yang berjerawat umumnya lebih sensitif terhadap banyak hal. Jerawat bisa muncul karena minyak alami kulit yang terjebak dan tertutup kotoran, sel-sel kulit mati, dan produk-produk yang bisa menyumbat pori-pori. Karena itulah, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan agar tidak memperburuk kondisi kulit yang sedang berjerawat. Apa saja yang perlu dihindari ya?

1. Menggunakan Makeup yang Tebal

Ketika sedang berjerawat, banyak orang memilih untuk menutupi jerawat dengan memakai makeup tebal. Namun, pemakaian foundation dan makeup yang tebal justru berpotensi menimbulkan breakout dan tertutupnya pori-pori yang nantinya akan mengakibatkan jerawat. Ada beberapa kandungan dalam foundation yang bisa menyumbat pori-pori, kurangi dulu pemakaiannya, atau jikapun harus digunakan, pastikan untuk membersihkan makeup dengan baik ya.

2. Berkaca dan Menyentuh Jerawat

Kenapa harus menghindari berkaca ketika berjerawat? Aneh bukan? Secara alamiah, ketika kita berkaca dan melihat ada jerawat di wajah, tanpa sadar ada tendensi untuk menyentuh bahkan memencet jerawat. Menyentuh jerawat dapat memperburuk jerawat, membuat bakteria jerawat kita meluas ke area lain, dan bahkan meninggalkan bekas atau luka yang sulit hilang.

3. Mengabaikan Kebersihan Barang-Barang di Sekitar

Lalai memperhatikan kebersihan barang-barang di sekitar kita adalah salah satu kebiasaan yang perlu dihindari. Apalagi jika barang tersebut bersentuhan dengan wajah. Contohnya seprai tidur dan layar handphone. Seprai yang kotor dan jarang dicuci dapat menimbulkan jerawat baru di wajah. Begitu juga dengan layar handphone, ketika kita menerima telepon, wajah kita akan bersentuhan dengan layar handphone yang dipegang dengan jari kita yang juga tidak terjamin kebersihannya. Bisa jadi sehabis memegang uang, atau pegangan tangga/pintu di tempat umum, kita langsung menggunakan handphone. Terbayang kan betapa banyak bakteri/kuman yang mungkin ada di layar handphone kamu? Setidaknya, ganti seprai dan sarung bantal setidaknya 1-2 minggu sekali, dan rutin bersihkan layar handphone dengan tisu basah.

4. Stres dan Begadang

Ketika stres dan kurang tidur, produksi hormon kortisol akan meningkat. Hormon kortisol ini dapat menyebabkan produksi minyak meningkat sehingga menimbulkan jerawat. Tidak hanya itu, dampak kurang tidur dapat merusak dan mengganggu regenerasi sel kulit.

Baca juga: Rekomendasi Aplikasi Gratis untuk Membantu Meringankan Stres, Depresi, atau Anxiety

5. Malas Membersihkan Muka

Wah, malas membersihkan muka sih jadi pantangan pertama ya. Jika sampai “absen”, tumpukan debu dan minyak berlebih di muka akan menyumbat dan betah di dalam pori-pori. Hal ini yang jadi kerap jadi penyebab jerawat dan memperburuk kondisi jerawat yang sudah muncul di wajah. Jika kamu memiliki jerawat, coba terapkan metode double cleansing di malam hari, dan pilih cleanser yang formulanya bersahabat untuk kulit berjerawat ya.

Baca juga: Kunci Kulit Sehat: Double Cleansing

(vem/sociolla/apl)
Loading
Artikel Selanjutnya
Cara Menggunakan Minyak Jarak untuk Hilangkan Jerawat
Artikel Selanjutnya
Cegah Timbulnya Jerawat, Perlukah Serum untuk Perawatan Kulit Berminyak?