Sukses

Beauty

Awas, Mengucek Mata Karena Gatal Sangat Berbahaya

Pernah mengalami mata gatal dan tidak nyaman? Mata gatal-gatal sebenarnya bisa disebabkan oleh banyak hal. Dan saat mata mengalami gatal-gatal, sangat disarankan agar kamu tidak menguceknya ladies. Sophia Pujiastuti, Dokter Spesialis Mata Konsultan dari SILC Lasik Center di Klinik Mata Cahaya Tijar menyebutkan bahwa kebiasaan mengucek atau menggosok mata yang gatal bisa sangat berbahaya.

Melansir dari laman Liputan6.com, mengucek mata saat mata gatal memang bisa membuat rasa gatal yang ada berkurang. Tapi, mengucek mata ini sama sekali tidak dianjurkan. Ketika mata yang gatal dikucek, ini sangat mungkin menyebabkan mata iritasi.

Sophia mengatakan, "Kita refleks menggaruk atau mengucek mata saat gatal karena mata kering. Usahakan jangan dikucek, ini bisa menyebabkan iritasi"

Lantas, agar mata gatal teratasi dengan baik tanpa dikucek, apa yang harus dilakukan? Cara paling ampuh mengatasi mata gatal ini adalah dengan menggunakan obat tetes mata. Meski begitu, kita tetap harus mencari tahu apa penyebab mata gatal itu sehingga kita bisa menggunakan obat tetes mata yang tepat.

"Ketika mata gatal, ini memiliki kondisi dan penyebab yang berbeda antara satu dan lainnya. Disarankan agar konsultasikan dulu kondisi ini sebelum memutuskan menggunakan obat apapun. Dengan konsultasi, dokter bisa memberikan obat mata paling tepat," lanjut Sophia.

Ingat ya ladies, usahakan agar tidak mengucek mata saat mata gatal. Mengucek mata justru bisa menyebabkan alergi apalagi jika tangan dan jari kamu sedang kotor. Semoga informasi ini bermanfaat.

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading