Sukses

Beauty

Kiwi: Buah Anti-Asma

Anda suka buah kiwi? Buah berwarna kehijauan yang bernama sama dengan sejenis burung asli Selandia Baru ini dikenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kita. Nah, bagi anda yang merupakan penderita asma, buah yang satu ini mungkin dapat menjadi salah satu alternatif buah yang wajib menjadi santapan anda sehari-hari. Karena katanya nih, buah ini dapat mengurangi kambuhnya asma pada para penderitanya.

Kiwi merupakan buah kaya vitamin. Menurut situs healthy100.org, dalam 2 buah kiwi yang hanya mengandung 92 kalori ternyata terkandung 190% vitamin C, 75% vitamin K, 20% serat, 14% potassium, dan 11% vitamin E. Kandungan kaya gizi inilah yang membuat buah yang satu ini dilirik para peneliti sebagai alternatif pengobatan penyakit asma.

Dijelaskan dalam situs yang sama, para peneliti di Korea Selatan telah melakukan uji coba mengenai manfaat kiwi pada dua ekor tikus. Satu tikus diberikan ekstrak kiwi, sedang yang satunya tidak. Kedua tikus ini kemudian diekspos pada allergen.

Setelah tiga minggu, ternyata tikus yang diberi ekstrak buah kiwi menunjukkan adanya penurunan tanda-tanda asma sebanyak 47%. Selain itu, jumlah sel darah putih yang biasanya ada dalam jumlah yang besar pada penderita alergi dan asma pun menurun hingga 48%.

Meskipun masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk benar-benar memastikan manfaat buah kiwi bagi para penderita asma, tidak ada salahnya jika anda mulai mengkonsumsi buah ini sesering mungkin. Karena selain dipercaya dapat mengurangi kambuhnya asma, kandungan nutrisi dalam buah kiwi dapat membantu menyehatkan tubuh anda.

 

Oleh: Alfi Suci D.

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading