Sukses

Beauty

Cahaya Pada Malam Hari Bisa Tingkatkan Resiko Kanker Payudara

Pernahkah terlintas pada benak Anda bahwa eksposur cahaya dapat mempengaruhi resiko kanker payudara pada tubuh? Mungkin Anda tidak pernah sekalipun menyangka hal ini. Breastcancer.org menghimpun informasi yang penting dan bisa dibilang menjadi sebuah terobosan dalam ilmu pengetahuan terkait dengan kanker payudara.

Ternyata, eksposur cahaya pada malam hari juga dapat mempengaruhi perkembangan sel kanker pada tubuh. Dinyatakan pula bahwa wanita yang bekerja di malam hari seperti pekerja pabrik, dokter, perawat, dan lain sebagainya, memiliki resiko kanker payudara yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan wanita yang bekerja selama pagi hingga siang hari.

Penelitian lain juga menemukan kecenderungan wanita yang hidup di daerah penuh dengan ekspos cahaya memiliki resiko kanker yang lebih tinggi. Eksposur cahaya ini juga termasuk lampu lalu jalan. Sepertinya, hal ini ada kaitannya dengan kandungan melatonin yang terdapat pada tubuh. Melatonin merupakan hormon yang berguna untuk mengatur siklus istirahat tubuh. Bagaimanapun juga, tubuh juga butuh istirahat, Ladies. Bahkan sel-sel nya juga perlu ‘tidur’.

Hormon melatonin ini mencapai puncaknya ketika malam hari. Sebaliknya, produksi hormon melatonin akan sedikit pada pagi atau siang hari di mana banyak sekali cahaya matahari yang ditangkap oleh mata. Dan ketika wanita masih bekerja pada malam hari, hal ini berarti mereka terus terekspos oleh cahaya lampu dari lingkungan sekitar sehingga kandungan melatonin cenderung tetap rendah.

Oleh: Wahyu Wienanda

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading