Sukses

Beauty

Cara Merawat Pasien Kanker Bagi Keluarga!

Bagi anda yang mempunyai anggota keluarga yang menderita kanker, anda perlu mengetahui beberapa informasi tentang cara merawatnya loh Ladies. Prinsipnya, perawatan terhadap pasien kanker tidak hanya secara fisik namun juga psikologis. Berikut seperti yang dilansir oleh cancer.org.

Bangunlah mental pasien dengan mendukung keputusan yang ia buat, memberikan hiburan dan menjadi kawan curahan hati agar ia tidak merasa stress, cemas dan takut. Pasien dengan kanker stadium lanjut memiliki kecenderungan untuk takut ditinggalkan dan ditolak masyarakat, serta rasa takut luar biasa terutama pada malam hari. Untuk mengatasinya, anda perlu menemaninya secara fisik agar ia merasa nyaman.

Pasien dengan penyakit kronis memiliki perasaan yang lebih sensitif dari biasanya. Oleh karena itu, sebisa mungkin anda tidak marah ataupun terlihat lelah dimatanya karena akan membuatnya semakin down.

Anda juga sebaiknya memperhatikan pola makan pasien utamanya saat pasien sedang menjalani radioterapi dan kemoterapi. Berikan jadwal diet yang sesuai dengan petunjuk dokter dan berikan pengertian ke pasien bahwa nutrisi yang masuk ke tubuhnya tidak boleh sembarangan demi kesehatannya. Biasanya pasien ingin merasakan makanan lain yang bahkan merupakan pantangan baginya. Di saat seperti ini, anda harus pintar-pintar membujuknya.

Sementara untuk merawat pasien yang tentunya merasakan nyeri, lebih baik anda memberikan hal yang dapat mengalihkan perhatiannya seperti menonton tv, mendengarkan musik, dll.

Merawat pasien kanker memang tidak mudah tapi jika kembali anda mengingat target kesehatan orang yang anda kasih, pasti semua terasa menyenangkan Ladies.

Oleh: Asa Pilar

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading