Sukses

Beauty

Ciri Infeksi Luka Bekas Operasi

Jika anda mempunyai luka bekas operasi, utamanya bekas operasi kanker, anda harus merawatnya dengan baik agar tidak terjadi infeksi ya Ladies. Untuk itu, anda perlu mengetahui juga ciri-ciri infeksi agar bisa ditangani lebih awal.

Menurut worldwidewiund.com, infeksi merupakan proses invasif mikroorganisme dalam tubuh yang menimbulkan rasa sakit. Tanda-tanda infeksi adalah sebagai berikut:

1. Daerah peradangan terasa panas. Hal ini disebabkan karena aliran darah ke area yang terinfeksi lebih banyak.

2. Daerah peradangan terasa lebih sakit. Hal ini disebabkan oleh perubahan PH lokal yang mengirimkan rasa sakit ke ujung saraf. Selain itu, rasa nyeri dan pembengkakan juga dipicu keluarnya zat kimia akibat mikroorganisme tersebut.

3. Daerah peradangan berwarna kemerahan. Inilah tanda awal yang biasanya anda ketahui saat terinfeksi. Warna merah ini berasal dari darah yang diserap sampai ke kaoiler-kapiler luar luka yang sebelumnya tidak terisi apapun.

4. Daerah peradangan mengalami pembengkakan yang timbul karena pengiriman cairan akibat sirkulasi darah berlebi hyang tertimbun di daerah peradangan.

Jika luka bekas operasi anda sudah mengalami tanda-tanda di atas, segera konsultasi dengan dokter anda agar tidak terjadi infeksi lanjutan ya, Ladies.

Sementara agar terhindar dari infeksi, perhatikan kebersihan lingkungan anda dan kebersihan luka bekas operasi anda. Bersihkan luka tersebut secara rutin agar tidak ada mikroorganisme yang parasit di area tersebut.

Oleh: Asa Pilar

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading