Sukses

Beauty

Mengenal Kanker Payudara Stadium IV

Ladies, anda sekalian pasti sering mendengar tentang istilah kanker payudara stadium IV. Semua orang pasti mengatakan bahwa kanker payudara stadium IV adalah kanker dengan stadium paling parah. Agar ladies sekalian tidak bingung dengan apa yang dimaksud dengan kanker payudara stadium IV, berikut adalah ulasannya.

Menurut joleenruffin.hubpages.com, dalam menentukan stadium kanker, dokter melihat pada tiga faktor berikut.

•    Ukuran dari tumor yang dilambangkan dengan huruf T yang diikuti dengan angka 0 hingga 4. Angka tersebut menunjukkan ukuran tumor dan penyebarannya pada jaringan di sekitarnya. Semakin tinggi angkanya maka semakin besar pula ukuran tumor dan penyebarannya pun semakin jauh.

•    Jumlah kelenjar limfa yang terinfeksi dilambangkan dengan huruf N yang juga diikuti dengan angka 0 hingga 4. Angka menunjukkan berapa banyak kelenjar limfa yang telah terinfeksi. Banyaknya jumlah kelenjar limfa yang terinfeksi dapat secara langsung menentukan stadium kanker meski ukuran tumor masih kecil.

•    Adanya penyebaran pada organ lain yang dilambangkan dengan huruf M dan diikuti dengan angka 0 atau 1. Jika kanker telah menyebar pada organ lain maka yang tertulis adalah M1. Adanya penyebaran pada organ lain secara langsung membuat stadium penderita menjadi stadium IV.

Jika anda telah didiagnosis dengan ketiga faktor tersebut dan mendapat angka tertinggi di hampir setiap faktor, maka anda telah menderita kanker payudara stadium IV. Menurut American Cancer Society, kemungkinan seseorang yang menderita kanker payudara stadium IV untuk bertahan selama 5 tahun hanyalah 15 % saja.

Oleh Lies Nureni

(vem/sfg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading