Sukses

Beauty

Kenali Inflammatory Breast Cancer (IBC)

Wanita memang harus sangat peka dengan kesehatan mereka. Pengetahuan yang baik tentang bagaimana cara menjaga kesehatan pun juga diperlukan.

Terutama penyakit yang terhitung sangat berbahaya, yaitu kanker payudara.

Ditambah lagi, belum ada obat atau treatment yang menjamin kalau penyakit ini tidak datang lagi. Dengan kata lain, penyakit ini belum bisa disembuhkan secara total.

Mungkin kita sudah akrab dengan istilah kanker payudara. Namun, bagaimana dengan Inflammatory Breast Cancer? Mungkin masih terdengar agak asing ya.

Nah, dari asal katanya, inflammatory berarti peradangan. Nah, Inflammatory Breast Cancer atau yang sering disingkat IBC ini adalah peradangan yang terjadi pada payudara.

Cancer.gov menyatakan bahwa peradangan yang terjadi ini adalah akibat dari infeksi yang terjadi pada jaringan yang ada di payudara. Atau, mungkin juga karena adanya penyumbatan pembuluh limfa.

Kanker jenis ini akan menyebar sampai kulit sekitar payudara, sehingga nampak merah dan juga sedikit bengkak. Wah, ngeri pasti kalau kita membayangkan ini terjadi pada payudara kita.

Warna kemerahan seperti iritasi dan juga suhu yang lebih hangat ini terjadi karena sel kanker menghambat pembuluh limfa di dalam kulit.

Berbeda dari kanker payudara, jenis kanker ini tidak menimbulkan benjolan pada payudara. Sehingga, seringkali wanita salah mengartikan kalau payudara mereka baik-baik saja.

Ladies, oleh karena itulah, seringkali kanker jenis ini terlambat untuk dideteksi. Karena sering terlambat dideteksi, maka kanker ini seringkali ditemukan berada pada tahapan yang sudah lanjut. Seperti misalnya stage 3B, 3C, atau malah sudah stage 4.

Ladies, harus lebih bijak lagi nih kalau ada perubahan-perubahan pada payudara kita. Semoga bermanfaat ya.

Oleh: Septia Ningrum

(vem/sfg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading