Sukses

Beauty

Sembuhkan Penyakit Asma dengan Latihan Pernafasan

Latihan pernafasan atau yang lebih sering disebut yoga adalah salah satu terapi yang terkenal cocok dapat mengurangi resiko penyakit asma. Namun, apakah benar yoga bermanfaat bagi para penderita penyakit asma?

Menurut laporan hasil penelitian yang dilakukan oleh sebuah pusat penelitian kesehatan, yang dimuat dalam well.blogs.nytimes.com, pengaruh yoga terhadap resiko penyakit asma sangat tergantung pada teknik yang digunakan. Beberapa teknik terbukti efktif mengurangi gejala dan resiko yang ditimbulkan asma.

Dari 129 laporan mengenai latihan pernafasan untuk terapi penyakit asma, peneliti berhasil menyimpulkan bahwa setidaknya ada 22 jenis teknik latihan pernafasan yang sering digunakan. Dari hasil itu kemudian para peneliti berhasil menyimpulkan hanya beberapa teknik yang berdampak baik bagi asma.

Salah satu teknik latihan pernafasan yang baik adalah Buteyko. Teknik ini dapat mengurangi resiko hiperventilasi. Buteyko dilakukan dengan melakukan pernafasan pendek melalui hidung ketika gejala asma mulai muncul.

Dari penelitian yang dilakukan terhadap pengaruh latihan pernafasan terhadap resiko penyakit asma, para peneliti berhasil menyimpulkan fakta yang cukup menggembirakan. Fakta itu adalah bukti bahwa dengan latihan pernafasan secara rutin, seorang penderita penyakit asma dapat mengurangi konsumsi obat sebanyak 1.5 kali.

Meskipun masih diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai pengaruh latihan pernafasan terhadap berkurangnya resiko penyakit asma. Dengan yakin para peneliti menyatakan bahwa yoga dan latihan pernafasan mungkin akan sangat membantu.

Oleh: Marintan Widi Lestari

(vem/sfg)
Loading
Artikel Selanjutnya
Sepuluh Fakta Mengenai Penyakit Asma
Artikel Selanjutnya
Ventilasi Baik, Rumah Segar, Keluarga Sehat