Sukses

Beauty

anker Payudara bukan hanya Terdeteksi melalui Benjolan

Ladies, apakah Anda tahu bahwa ada beberapa kasus dimana kanker payudara tidak Nampak karena tidak ada benjolan di kedua payudara? Hal itu benar.

Seperti yang dilansir di cancer.gov, kanker payudara bukanlah mengenai tumor saja. Sebenarnya, ada beberapa cara untuk mendiagnosa kanker payudara.

Pertama, kanker payudara didiagnosa dari benjolan yang terlihat. Pada kanker stadium I, misalnya, kanker payudara bisa terdeteksi dari tumor sebesar lebih dari sama dengan 2 cm. Pada kanker stadium II dan III, kanker payudara bisa terlihat dari tumor sebesar kurang dari dan lebih dari 2 sentimeter, atau tumor sebesar 5 cm.

Namun, tidak hanya dari benjolan saja para dokter mampu mendiagnosa seorang penderita kanker payudara. Pada kanker payudara stadium 0, misalnya, kanker payudara terdeteksi dari sel-sel abnormal yang tumbuh di saluran dan jaringan air susu.

Kemudian, pada kanker payudara stadium I, kanker payudara juga bisa terdeteksi dari sel kanker yang berkembang di kelenjar limfa. Kemudian pada stadium II, kanker payudara bisa terdeteksi dari 3 axillary kelenjar linfa yang terjangkit sel kanker.

Namun, pada kanker stadium III, kanker payudara terdeteksi dari tumor dan pertumbuhan sel di kelenjar limfa. Dalam stadium ini, selalu ada tumor dan pertumbuhan pada kelenjar limfa dalam satu diagnosa kanker payudara. Hanya saja, apabila tumor berukuran kecil, maka sel kanker banyak menyerang elenjar limfa, dan sebaliknya.

Nah Ladies, salah satu cara untuk mengetahui apakah kita terbebas dari kanker payudara adalah dengan melakukan pemeriksaan.  Semoga bermanfaat.

Oleh: Nastiti Prima

(vem/sfg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading