Sukses

Beauty

Asma Dapat Diobati dengan Vitamin D

Ladies sekalian ada yang menderita asma? Jangan khawatir karena baru-baru ini peneliti dari King’s College London mempublikasikan hasil penelitiannya yang dikutip dari medicalnewstoday.com yang menunjukkan bahwa vitamin D dapat digunakan sebagai obat bagi penderita asma.

Pada umumnya, penderita asma akan meminum steroid yang berbentuk tablet. Namun sayangnya, steroid ini memiliki efek samping yang buruk bagi tubuh. Apalagi ada sebagian orang yang alergi terhadap steroid ini.

Dalam studinya, peneliti menguji vitamin D pada tiga kelompok orang yakni penderita asma, penderita asma yang alergi steroid, dan orang normal. Studi ini meneliti pengaruh vitamin D pada IL-17A, sel imun yang melindungi tubuh dari infeksi tetapi juga memperburuk gejala asma.

Hasil studi menunjukkan bahwa vitamin D mengurangi produksi sel imun IL-17A pada tiga kelompok orang tersebut secara signifikan. Sedangkan steroid hanya mampu mengurangi IL-17A pada pasien asma yang tidak alergi terhadap steroid.

Oleh karena itu, peneliti menyarankan penderita asma untuk menggunakan vitamin D daripada steroid. Sebab steroid memiliki efek yang cukup buruk bagi tubuh sekalipun steroid mampu menyembuhkan asma.

Namun, vitamin D ini mungkin belum bisa dinikmati oleh penderita asma dalam waktu dekat. Sebab peneliti masih akan menguji lebih lanjut tentang hal ini. Tapi hal ini sudah menjadi suatu hal yang posistif dalam dunia kesehatan.

Oleh Lies Nureni

(vem/sfg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading