Sukses

Beauty

Hormon Pengaruhi Kesehatan Mental Wanita

Penelitian yang diadakan oleh University College London menyebutkan bahwa tingkat hormon pada wanita dapat mempengaruhi kesehatan mental. Menurut situs huffingtonpost.com, naik turunnya level hormon pada wanita disebabkan oleh siklus ovulasi yang rutin terjadi setiap bulan.

Penelitian tersebut menyebutkan bahwa saat hormon wanita dalam tingkat yang cukup rendah, seperti saat 16 hari setelah mereka mengalami datang bulan, mereka cenderung bersikap tidak emosional dan tidak gampang stres saat melihat sesuatu yang bersifat buruk seperti kematian, bencana, dan sebagainya.

Sebaliknya, saat hormon mereka sedang tinggi, hal-hal kecil dapat dengan mudah mengganggu pikiran mereka. Bahkan saat tak ada hal buruk yang secara spesifik terjadi, pikiran mereka akan dengan sendirinya membayangkan kemungkinan-kemungkinan buruk dan lebih gampang teringat tentang kejadian tidak menyenangkan di masa lalu yang dapat membuat mereka sedih atau depresi secara tiba-tiba. Hal ini dapat semakin memburuk pada kesehatan mental jika mereka pernah mengalami trauma di masa lalu.

Penelitian ini juga menambahkan bahwa pengaruh hormon juga menyebabkan bahwa wanita mempunyai resiko 40% lebih besar untuk terkena stres atau gangguan kesehatan mental seperti depresi, gangguan pola makan, atau fobia daripada pria. Karena itu, Ladies harus baik-baik menjaga kesehatan mental maupun fisik dengan menerapkan pola gaya hidup sehat dan selalu fokus dan optimis tentang aktivitas sehari-hari, maupun berbagai aspek dalam hidup anda.

Oleh: Isdiana Zulidha

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading