Sukses

Beauty

Hal-Hal Yang Dilarang Ketika Masa Nifas Dalam Islam

Karena sama-sama merupakan pendarahan yang keluar dari dalam rahim, apa yang dilarang ketika nifas, sama dengan apa yang dilarang ketika haid. Berikut beberapa hal yang dilarang ketika wanita mengalami masa nifas, seperti yang dilansir pada islamicstudies.info:

1. Salat
Nabi Muhammad saw bersabda “Ketika mulai menstruasi, tinggalkan shalat”.

2. Tawaf
Nabi Muhammad saw bersabda “Lakukan semua apa yang perlu dilakukan ketika sedang menunaikan ibadah haji, tapi jangan melakukan tawaf mengelilingi ka’bah sebelum kamu suci kembali”.

3. Duduk di dalam masjid
Sebuah hadis mengatakan bahwa “wanita yang sedang mengalami menstruasi seharusnya menjaga jarak dari Musola, tempat beribadah”

4. Melakukan hubungan suami istri
Seperti firman Allah pada QS Al-Baqarah:222 yang artinya “Mereka bertanya kepadamu tentang haid. Katakanlah, “Haid itu adalah kotoran”. Oleh sebab itu, hendakla kamu menjauhkan diri (tidak menyetubuhi) dari wanita diwaktu haid; dan jangan kamu mendekati ereka sebeum suci. Apabila mereka telah suci, maka campurilah mereka itu di tempat yang diperintahkan Allah padamu. Sesungguhnya Allah menyukai orang-rang yang bertaubat dan yang menyucikan diri.

5. Membaca Al-Quran
Sangat dianjurkan bagi wanita yang sedang tidak suci, haid atau nifas, untuk tidak membaca Al-Quran secara lisan, kecuali dibutuhkan. Berdzikir, atau mengucapkan Allahu Akbar, Alhamdulillah, Subhanallah, Bismillah, mendengarkan orang membaca Al-Qur’an, berdoa, atau mengucapkan Amin atas doa orang lain, semua itu tidak dilarang.

Handayani Rahayuningsih

(vem/ova)
Loading
Artikel Selanjutnya
Tips untuk Mengatasi Nifas
Artikel Selanjutnya
Mengenal Nifas Lebih Dekat