Sukses

Beauty

Perawatan Pasien Pengidap Kanker Kulit

Ladies, tahukah anda perawatan apa saja yang ditawarkan kepada pasien penderita kanker kulit? Berikut adalah ulasannya seperti dilansir oleh mayoclinic.com.

Ladies, perawatan kanker kulit dan pra kanker kulit dikenal dengan actinic keratosis diambil berdasarkan ukuran, tipe, stadium, dan lokasi kanker itu sendiir. Perawatan pada kanker kulit kecil yang terbatas pada lapisan luar kulit akan berbeda dengan kanker yang sudah menjalar dalam ke kulit yang membutuhkan operasi untuk mengambil kanker tersebut. Berikut adalah macam-macam perawatannya.

Ladies, perawatan pertama adalah perawatan pendinginan dimana dokter akan menghancurkan actinic keratosis dengan mendinginkannya menggunakan cairan nitrogen atau dikenal denga cryosurgery. Kanker apda kulit akan meleleh dengan menggunakan perawatan ini.

Perawatan yang kedua adalah operasi excisional dengan cara mengambil bagian kulit yang terkena kanker dengan cara operasi. Ladies, selanjutnya adalah terapi laser dimana dokter akan menggunakan laser untuk menghancurkan sel-sel kanker yang menempel pada kulit.

Ladies, perawatan selanjutnya adalah operasi Mohs. Operasi ini diperuntukkan untuk sel-sel kanker yang sudah parah. Dokter akan mengambil lapisan kanker satu demi satu. Setelah itu, dokter akan melihat lapisan tersebut pada mikroskop untuk memastikan bahwa kankernya sudah terangkat. Mayoclinic.com menyatakan bahwa prosedur ini memiliki kelebihan dokter tidak perlu menghilangkan lapisan kulit yang sehat.

Selain itu, perawatan selanjutnya adalah terapi radiasi. Mayoclinic.com melansir bahwa cara ini hanya dilakukan dokter apabila operasi bedah tidak memungkinkan. Berikutnya adalah kemoterapi dimana dokter akan memasukkan obat ke dalam tubuh untuk membunuh sel-sel kanker pada pasien. Yang terakhir adalah terapi fotodinamik (PDT) yakni gabungan sinar laser dan obat-obatan.

Oleh: Nastiti Primadyastuti

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading