Sukses

Beauty

Kista Ovarium: Gejala dan Kabar Baiknya

Ini khusus untuk Ladies sekalian yang masih penasaran dengan kista ovarium yang pembahasannya belum begitu detail di artikel sebelumnya. Jika di pembahasaan sebelumnya yang dibahas hanya seputar pengertian umumnya, kali ini Anda akan diajak untuk mengetahui lebih dalam tentang gejala serta hal yang mengganggu, sekaligus kabar ‘baik’nya.

Ladies tentu masih ingat kan kalau kista ini umumnya tidak berbahaya namun mungkin akan mengganggu jika menimbulkan rasa sakit. Kista ovarium bentuknya biasanya terpisah dengan ada semacam pilinan. Gejala bisa muncul apabila ukuran kista ini sudah membesar sehingga terasa mengganggu karena bahkan menghambat jalur darah menuju ovarium.

Jika kistanya sudah berkembang dan menjadi besar, akan menimbulkan rasa sakit pada panggul yang bisa terjadi saat sedang berhubungan seksual, susah buang air besar, sering buang air kecil, periode menstruasi Anda berubah, merasa kenyang dan kembung meski Anda sesungguhnya baru makan sedikit, pusing, dan kecapean.

Dengan kondisi kista tersebut akan mengganggu kesibukan Anda karena akan seperti menggendong melon kemana-mana. konsultasikan dengan dokter Anda terkait kista Anda dan putuskan bahwa Anda akan bertahan atau memilih untuk membuangnya saja.

Meskipun adanya sangat mengganggu penampilan dan hari-hari si penderita, sebuah penelitian mengatakan bahwa kista pada ovarium ternyata mampu mengurangi resiko terkena kanker payudara, loh, meski tidak jelas pasti apa yang menyebabkannya. Namun, siapa sih yang mau dan rela sakit, jadi mending pilih tidak punya kista, tidak sakit kanker payudara, dan tetap sehat.

Oleh: Kamilah

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading