Sukses

Beauty

Tahapan Lokia Dalam Nifas

Ladies, setelah masa bersalin, biasanya seorang ibu akan mengalami masa nifas. Nifas adalah masa pasca keluarnya plasenta sampai alat-alat reproduksi wanita dapat pulih kembali seperti sebelumnya. Biasanya, masa nifas ibu yang baru saja melahirkan berkisar antara 6-7 minggu.

Dalam nifas, terdapat tahapan-tahapan yang sering disebut Lokia. Lokia merupakan proses penyembuhan lapisan rahim dan jumlahnya secara bertahap akan berubah dari waktu ke waktu. Lokia biasanya mengandung darah, lendir, dan jaringan plasenta yang telah rusak.

Seperti yang dilansir oleh birthsource.com, pada saat hari pertama, organ kewanitaan Anda akan mengeluarkan cairan yang berwarna merah cerah, dan itu adalah tahap yang disebut lokia kubra.

Kemudian proses selanjutnya yang disebut lokia sanguinolenta. Pada tahap ini, organ kewanitaan Anda akan mengeluarkan cairan merah yang disertai lendir selama 1-2 minggu. Pada hari berikutnya, lokia akan lebih berwarna merah muda namun jumlahnya akan berkurang, tahap ini adalah tahap yang dinamakan lokia serosa. Lokia serosa biasanya terjadi pada sebulan setelah melahirkan.

Setelah 7-10 hari pada masa lokia serosa, warna lokia akan berubah menjadi kuning pucat dan agak putih dan bahkan jumlahnya akan menurun drastis. Tahap ini disebut lokia alba dan dapat berlanjut selama 2-3 minggu lagi.

Nah ladies, itu adalah tahap terakhir dalam nifas yang lama kelamaan cairan yang keluar akan berhenti dengan sendirinya.

Lucky Kresna Putra

(vem/ova)
Artikel Selanjutnya
Rawatlah Diri Anda Baik-Baik Selama Masa Nifas
Artikel Selanjutnya
Mencegah Timbulnya Infeksi Nifas Pada Proses Persalinan
: