Sukses

Beauty

Fakta-Fakta Mengejutkan Tentang Kista

Ladies, kabar yang beredar mengenai kista adalah nahwa kista merupakan sebuah benjolan pada indung telur yang dianggap sebagai tumor jinak. Namun tahukah Ladies, bahwa ternyata kista itu normal, lho! Ya, dilansir dari situs 100womenproject.ning.com, menurut seorang dokter ahli di sana, kista termasuk ke dalam siklus normal wanita dalam menghasilkan sel telur lho, Ladies.

• Fakta pertama yaitu bahwa setiap wanita memproduksi kista setiap bulan, Ladies. Kista tersebut muncul dalam bentuk benjolan kecil yang berisi cairan bening yang besarnya sekitar 2 sampai 3 cm.

• Sebelum dilepas, sel telur ternyata berada di dalam kista yang berbentuk kantung dengan aman, Ladies. Nah, ketika sel telur telah terlepas dan dibuahi, kista kemudian akan berisi progesteron untuk kebutuhan janin. Jika tidak dibuahi, kista tersebut akan pecah dan beregenerasi bulan berikutnya.

• Jika Anda menggunakan KB atau pil kontrasepsi lainnya, Anda tidak akan menghasilkan kista. Hal tersebut karena pil tersebut mencegah pelepasan sel telur. Sedangkan kista muncul untuk menjadi tempat singgah bagi sel telur tersebut sebelum dilepas.

• Terkadang, kista yang berukuran kecil tersebut bisa berubah menjadi besar dan berisi darah, Ladies. Kista inilah yang cukup berbahaya dan membutuhkan penanganan dari dokter segera.

• Jika Anda memeriksakan diri dengan USG, dokter Anda akan menemukan bahwa Anda memiliki kista. Hal tersebut normal, Ladies. Kista tersebut bisa jadi untuk mempersiapkan pelepasan sel telur.

• Indung telur Anda berada di atas vagina, Ladies, bukan di bagian pinggul. Maka dari itu, jika sakit yang Anda rasakan adalah di sekitar pinggul, berarti itu bukan tanda-tanda kista, Ladies.

Nah, itu tadi beberapa fakta dari kista, Ladies. Mengejutkan, bukan? Ternyata kista merupakan hal yang normal, hanya saja jika berkembang akan menjadi sesuatu yang berbahaya.

Tulus W

(vem/ova)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading