Sukses

Beauty

Kanker Kulit: Squamous Cell Carcinoma

Kanker kulit terbagi menjadi tiga jenis ya Ladies, masing-masing Basal Cell Carcinoma (BCC), Squamous Cell Carcinoma (SCC), dan Melanoma. Nah, untuk lebih mengefektifkan informasi, kita akan mengulas tentang jenis kedua yaitu Squamous Cell Carcinoma dulu ya.

Ladies, menurut onhealth.com, Squamous Cell Carcinoma atau SCC adalah kanker kulit yang tumbuh di sel squamous, umumnya di daerah yang jarang terkena sinar matahari. Kata squamous berasal dari bahasa latin squama yang berarti “sisik ikan atau ular”, karena bentuk dari SCC, apabila dilihat melalui mikroskop, terlihat seperti sisik ikan.

Bagi anda yang berkulit gelap, resiko untuk terkena SCC lebih tinggi. Tapi bagi anda yang berkulit putih, SCC juga dapat menyerang dan tumbuh di daerah yang sering terkena cahaya matahari, seperti kepala, wajah, leher, dll.

Seperti pada jenis kanker kulit lain, penyebab utama tumbuhnya Squamous Cell Carcinoma adalah radiasi sinar matahari. Faktor penyebab SCC yang lain adalah arsenik, hydrocarbons, sinar X, actinic keratosis, dan human papillomavirus (HPV).

Seperti pada Basal Cell Carcinoma, Squamous Cell Carcinoma dapat didiagnosa dengan melakukan biopsy atau pengambilan sampel kulit yang terinfeksi kemudian diteliti dengan menggunakan mikroskop. Dan bagaimana cara mengobatinya? Dengan melalui operasi, kemoterapi, terapi radiasi, cryosurgery, serta terapi obat krim.

Well Ladies, sudah tahu kan apa itu Squamous Cell Carcinoma? Semoga selalu terhindar dari SCC ya.

Oleh: Asizah

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading