Sukses

Beauty

Kista, Samakah Dengan Kanker Ovarium?

Istilah kista (cysts) mungkin sudah tidak asing lagi bagi anda ya, Ladies. Penyakit ini memang sangat berhubungan erat dengan wanita dan tidak dapat dianggap remeh. Salah satu jenis kista yang disebut dengan kista ovarium merupakan salah satu penyakit yang menyerang ovarium.

Ovarium yang seharusnya berfungsi sebagai penghasil sel telur yang akan luruh setiap bulannya bila tidak dibuahi, tertutup oleh cairan sehingga ovarium tidak dapat bekerja dengan baik. Ovarium yang tertutup ini kemudian akan mengakibatkan timbulnya pembengkakan.

Karena sama-sama menyerang ovarium, kista jenis ini diidentikkan dengan kanker ovarium. Tetapi, apakah sebenarnya kista dan kanker ovarium itu sama? Dikutip dari everydayhealth.com, sebuah situs kesehatan ternama Amerika, para ahli mengatakan bahwa kista bukanlah kanker ovarium.

Kista pada stadium awal, dapat hilang dengan sendirinya. Tetapi, pada wanita yang telah menginjak usia menopause, kista ini dapat berkembang menjadi kanker ovarium. Wanita dengan rentang usia antara 50 hingga 70 tahun yang memiliki gejala kista sangat dianjurkan untuk segera memeriksakan diri ke dokter.

Dokter kemudian akan melakukan serangkaian pemeriksaan sebelum akhirnya menyatakan bahwa kista yang terdapat pada seseorang tersebut telah berkembang menjadi kanker ovarium atau tidak. Tetapi, meskipun begitu, kista tidak dapat serta merta dibiarkan begitu saja lho, Ladies.

Saat anda mengalami gejala-gejala adanya penyakit ini, segeralah konsultasikan dengan dokter langganan anda agar dapat segera diberikan penangan yang tepat agar kista tidak berkembang.

Oleh: Ellis Dwi Rachmawati

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading