Sukses

Beauty

Siapakah Yang Berisiko Terkena Kista?

Kista ovarium (ovarian cysts) merupakan salah satu peyakit yang hanya menyerang kaum wanita karena penyakit ini menyerang ovarium sebagai salah satu alat reproduksi waita yang bertugas meghasilakan sel telur. Apabila seseorang telah divonis menderita kista, maka saluran penghasil sel telur ini akan tertutup oleh cairan sehingga ovarium tidak dapat bekerja dengan baik.

Lalu, apakah semua wanita dapat berisiko terkena kista ovarium ini? Menurut salah satu situs kesehatan ternama Amerika, www.everydayhealth.com, semua wanita memiliki risiko untuk terkena kista jenis ini, terutama wanita yang memiliki kemampuan untuk hamil dan melahirkan anak.

Dengan kata lain, wanita dengan usia pubertas, yang telah memiliki kemampuan untuk bereproduksi telah memiliki risiko untuk terkena penyakit ini. Tetapi, tingkat keseriusan penyakit ini akan berbeda antara satu orang dengan yang lainnya. Megapa?

Masih dikutip dari situs yang sama, faktor usia memiki peran yang sangat signifikan dalam menentukan seberapa serius kista yang diderita seorang wanita. Perempuan dengan usia di bawah 40 tahun memiliki risiko terkena kista jinak yang dapat hilang dengan sendirinya setelah beberapa bulan.

Sedangkan perempuan yang telah mengalami menopause, dengan usia dia atas 40 tahun, memiliki risiko terkena kista yang lebih berbahaya. Hal tersebut karena pada usia tersebut, keberadaan penyakit ini cukup berbahaya karena penyakit kista ini selanjutnya akan dapat berkembang menjadi kanker ovarium.

Oleh: Ellis Dwi Rachmawati

(vem/)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading