Sukses

Beauty

Faktor Penyebab Kanker Kulit

Tahukah Ladies bahwa baru-baru ini ditemukan fakta ternyata kasus kanker kulit yang terjadi pada masyarakat mengalami peningkatan yang sangat drastis. Jika dulu kanker kulit dikenal sebagai jenis kanker yang menyerang seseorang pada usia dewasa, kanker kulit saat ini lebih berbahaya bagi para remaja. Oleh karena itu, mengingat peningkatan kejadian kasus kanker kulit yang terjadi, Ladies hendaknya mengetahui faktor apa saja yang dapat meningkatkan kemungkinan Ladies mengidap kanker kulit dan menghindarinya.

Berikut ini adalah beberapa hal yang masuk dalam faktor penyebab kanker kulit jenis melanoma dan basal yang dirangkum pada artikel hasil lansiran skincancerprevention.org.

1. Sinar ultraviolet
Sinar matahari adalah sumber utama sinar ultraviolet yang dapat merusak proses regenerasi yang terjadi pada kulit. Sinar ultraviolet sudah sejak lama dianggap sebagai faktor pemicu terbesar munculnya kanker kulit.

2. Warna kulit
Menurut beberapa penelitian, risiko yang dimiliki orang – orang dengan kulit cerah, seperti mereka ras Kaukasian jauh lebih tinggi daripada risiko yang dimiliki orang dengan kulit berwarna gelap seperti Afrika.

3. Usia
Meskipun kanker kulit juga ditemukan terjadi pada mereka yang baru memasuki masa pubertas, menurut penelitian, perubahan hormon seiring bertambahnya usia seseorang menjadi faktor penting yang mengakibatkan peningkatan risiko seseorang itu terkena kanker kulit juga.

4. Bahan kimia
Menggunakan bahan – bahan berbahaya secara terus menerus pada kulit jelas akan meningkatkan risiko seseorang terkena kanker kulit. Bahan – bahan arsenic atau beracun yang lama kelamaan mengendap pada sel kulit akan menyebabkan kelainan berupa kanker kulit.

5. Faktor keturunan
Hampir semua kanker jenis apapun adalah penyakit keturunan. Artinya, jika seseorang memiliki keluarga dekat dengan riwayat kanker kulit, maka risiko orang tersebut untuk mengidap kanker lebih besar.

Semoga bermanfaat!

Oleh: Marintan Widi Lestari

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading