Sukses

Beauty

Bahaya Kista Pada Ovarium

Kista adalah benjolan-benjolan yang ada di bawah lapisan kulit yang disebabkan oleh terhambatnya salah satu atau beberapa pembuluh di dalam tubuh Anda. Kista, meskipun tidak dianggap sebagai sebuah masalah kesehatan yang serius, seringkali menakutkan dan membuat seorang wanita merasa tidak nyaman. Banyak wanita menganggap kista sebagai gejala dari kanker lho. Namun faktanya, tidak semua kista muncul karena kanker. Lalu, seperti apakah kista ini?

Seringkali, wanita tidak menyadari bahwa ada kista dalam tubuh mereka. Kista, berbeda dari penyakit-penyakit lainnya, biasanya tidak menunjukkan gejala apapun. Kista pada ovarium misalnya, tidak akan menunjukkan gejala apapun kecuali benjolan kecil yang ada pada dinding dalam ovarium. Tanpa pemeriksaan medis yang lengkap, sulit mengetahui apakah benjolan tersebut adalah kista ataupun jenis kista yang manakah yang menyerang Anda.

Selain itu, menurut webmd.com, fakta bahwa kista tidak menyakitkan atau bahkan, terasa, membuatnya lebih sulit untuk dideteksi. Hanya pada beberapa kasus kista ovarium tertentu di mana kista tersebut terasa sakit atau tidak nyaman. Di luar hal tersebut, kista seringkali tidak terasa apa-apa. Seringkali yang membuat kista berbahaya adalah ketika kista tersebut terinfeksi. Kista pada dasarnya adalah pembuluh yang terhambat. Bila tidak ditangani secara medis, bisa saja terjadi infeksi. Ketika kista ovarium terinfeksi, seringkali daerah kewanitaan Anda akan terasa sakit dan nyeri ketika Anda berjalan, berhubungan seksual, atau bahkan, ketika Anda tidak melakukan apa-apa sekalipun lho, Ladies. Maka dari itu, sangatlah penting untuk berkonsultasi dengan dokter bila menemukan kista di bagian kewanitaan Anda.

Oleh: Mamor Adi P

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading