Sukses

Beauty

Berbahayakah Penyakit Kista?

Meskipun namanya sering kita dengar dan identik dengan penyakit yang mengerikan, ternyata penyakit kista adalah penyakit yang dapat disembuhkan dengan cukup mudah. Situs webmd.com menyebutkan bahwa kista memang bukan penyakit yang berbahaya, walaupun jika dibiarkan tak terawat tentu dapat menyebabkan gangguan bagi tubuh.

Penyakit kista tak dapat menimbulkan gejala kanker, namun hanya merupakan benjolan kecil yang biasanya berisi cairan berupa nanah atau zat lain. Penyakit ini menyerang kulit dan bisa muncul di bagian tubuh manapun. Kista ditimbulkan oleh infeksi, atau bisa juga penyumbatan kelenjar minyak. Penyakit ini tidak menimbulkan rasa sakit atau perih, tapi benjolan kista akan terasa lembut dan tidak keras saat disentuh.

Meskipun tidak berbahaya, kista tidak bisa hilang atau sembuh dengan sendirinya. Anda harus ke dokter untuk menyembuhkan penyakit ini. Anda akan diberikan resep obat yang dapat mengempiskan benjolan kista Anda dengan efektif. Sebaiknya jangan coba-coba mengempiskan kista Anda dengan menusuknya dengan benda tajam seperti jarum karena tidak steril dan malah dapat menyebabkan infeksi lebih lanjut.

Walaupun pengempisan dengan cara ditusuk ini dapat meredakan gejala kista untuk sesaat, cara ini tidak dapat menyembuhkan kista. Jadi kista Anda akan tumbuh lagi. Memang ada beberapa jenis kista yang harus dikempiskan dengan cara menyerap cairan yang terdapat di dalamnya. Akan tetapi, hal ini hanya boleh dilakukan oleh dokter atau tenaga profesional di bidang kesehatan yang lain. Jika pengobatan medis tidak manjur, kista dapat dihilangkan dengan melakukan operasi untuk memindahkan kista dari kulit tubuh Anda.

Oleh: Isdiana Zulidha

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading