Sukses

Beauty

Berbahayakan Kista?

Ketika mendengar kista, pasti Ladies langsung berpikir bahwa itu adalah penyakit yang berbahaya pada wanita. Kista adalah semacam kantung yang berisi cairan dan muncul pada ovarium wanita. Sebenarnya, tidak semua kista berbahaya lho, Ladies. Kista sendiri terbagi menjadi dua jenis, kista ovarium fungsional dan kista ovarium patologis.

Dilansir dari nhs.uk, kista ovarium fungsional adalah kista alami yang muncul sebagai bagian dari siklus datang bulan wanita. Ini adalah jenis yang umum dan akan menghilang dengan sendirinya setelah beberapa minggu. Sedangkan kista ovarium patologis adalah jenis kista yang muncul karena adanya pertumbuhan sel yang tidak normal. Kista patologis biasanya akan menunjukkan gejala dan butuh operasi untuk menghilangkannya.

Gejala yang ditimbulkan oleh kista patologis antara lain adalah sakit pada panggul, sembelit, sering buang air kecil, siklus datang bulan yang berubah-ubah, serta gampang merasa kenyang. Gejala-gejala ini ditimbulkan apabila perubahan terjadi pada kista seperti membesar, pecah, atau menutupi aliran darah ke rahim dan ovarium.

Identifikasi dari kista biasanya secara tidak sengaja karena kista tidak jarang menimbulkan gejala. Apabila Ladies mengalami gejala di atas, ada kemungkinan terdapat kista. Akan tetapi operasi pengangkatan kista tergantung pada ukurannya, seberapa parah gejala yang ditimbulkan, dan usia Ladies.

Kenapa usia menentukan? Karena pada wanita yang sudah melewati menopause, resiko kista ovarium patologis tumbuh semakin besar. Ladies juga harus menjaga kesehatan. Karena ovarium akan gampang melepaskan hormon berlebih yang juga menjadi penyebab kista apabila tubuh Ladies sedang tidak sehat.

Muhammad Faris

(vem/ova)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading