Sukses

Beauty

Kanker Kulit: Melanoma

Ladies, ketika seseorang terserang penyakit kanker kulit, yang perlu dipastkan pertama kali adalah apa jenis kanker kulit yang diderita, karena kanker kulit terbagi menjadi tiga, Basal Cell Carcinoma (BCC), Squamous Cell Carcinoma (SCC), dan Melanoma.

Nah, untuk kali ini, kita akan membahas tentang jenis yang paling sedikit terjadi, tapi yang paling berbahaya, yaitu Melanoma.

Seperti dijelaskan cancer.gov, Melanoma adalah kanker kulit yang tumbuh di melanocytes (sel-sel pigmen). Kanker kulit yang satu ini termasuk berbahaya karena dapat menyebar dan menyerang organ tubuh lain, yang dapat mengakibatkan kematian.

Ladies, penyebab utama tumbuhnya Melanoma adalah radiasi sinar matahari berlebihan. Tapi, ada beberapa faktor lain yang membuat seseorang lebih beresiko terserang Melanoma, yaitu memiliki kulit, rambut, dan mata berwarna cerah, memiliki lebih dari 50 tahi lalat, memiliki dysplastic nevus (tahi lalat berwarna berbeda dan berukuran lebih besar dari biasanya, umumnya lebih besar dari kacang polong dan lebih panjang dari kacang tanah), serta memiliki keluarga dekat yang juga terserang Melanoma.

Karena lebih sering muncul didaerah yang terlihat, Melanoma mudah untuk dideteksi. Nah, ada rumusnya lho ladies untuk membantu anda mengetahui apakah itu Melanoma atau bukan, yaitu ABCDE.

Asymetry (asimetri): separo bentuknya berbeda dengan separo lainya

Border that is irregular (batas luarnya tidak teratur): tidak rata, kasar, dan blur

Color that is uneven (warnanya tidak rata): antara hitam, cokelat tua, dan cokelat muda. Mungkin juga berwarna abu-abu, merah, pink, atau biru

Diameter: mungkin saja kecil, tapi lebih banyak berukuran besar (lebih dari 6 milimeter atau ΒΌ inci)

Evolving (berkembang): berubah (ukuran, warna) selama berminggu-minggu atau berbulan-bulan.

Asizah

(vem/ova)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading