Sukses

Beauty

Alasan Mengapa Sorrugate Mother Dilarang

Surrogate mother di Indonesia untuk saat ini mungkin jarang terjadi, namun misalkan hal ini benar ada, mungkin para pelakunya akan melakukan surrogate mother ini dengan cara sembunyi-sembunyi. Di Indonesia, melakukan surrogate mother ini memang di larang, dan sudah ada hukum yang mengatur tentang pengadaan surrogate mother.

Di Indonesia sendiri, pemerintah sudah menetapkan peraturan yang menyangkut masalah surrogate mother yang saat ini menjadi kontroversi bagi masyarakat dunia ini. scribd.com menyebutkan bahwa di Indonesia peraturan mengenai surrogate mother diatur secara umum dalam UU No. 23 tahun 1992 tentang kesehatan dan keputusan Menkes No. 72/menkes/PER/II/1999, tentang penyelenggaraan teknologi reproduksi buatan.

Laman bidanshop.blogspot.com menambahkan dengan adanya ketua peraturan tersebut, sudah jelas sekali bahwa melakukan surrogate mother ini dilarang di Indonesia. Peraturan ini dipertegas dengan adanya sanksi bagi pasangan yang melakukan surrogate mother yang telah diatur dalam pasal 82 UU No.23 Tahun 1992 tentang Kesehatan.

Lalu, kalau melakukan surrogate mother di luar negeri lalu kembali ke Indonesia bagaimana? Proses surrogete mother di luar negeri untuk beberapa negara asing mungkin boleh saja dilakukan, namun apabila bayi itu dibawa ke Indonesia, ada peraturan yang melarang masuknya bayi tersebut masuk ke Indonesia, karena permasalahan status dari si anak yang dilahirkan.

Situs bidanshop.blogspot.com juga menambahkan jika anak hasil surrogate mother masuk ke Indonesia, anak ini akan memiliki permasalah mengenai statusnya. UU No. 1 Tahun 1974 tentang perkawinan tidak mengatur mengenai status anak yang lahir dari praktek surrogacy dan tidak ada peraturan yang mengakomodasi apabila terjadi konflik.

Dimas Galih Wijaya

(vem/ova)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading