Sukses

Beauty

Mengenal Lebih Dekat Tes Pap Smear

Ladies, tahukah Anda apa itu tes Pap Smear dan kegunaannya? Berikut adalah ulasannya seperti dirangkumkan dari laman mayoclinic.com.

Tes Pap Smear atau dikenal dengan tes Pap, adalah prosedur yang dilakukan oleh dokter spesialis kandungan untuk mengetahui adanya sel-sel kanker pada mulut rahim atau serviks wanita. Tes Pap ini dilakukan dengan cara mengambil sampel sel-sel dari serviks atau mulut rahim yang terletak di bagian atas vagina.

Mendeteksi adanya sel kanker pada serviks ini sejak dini menggunakan tes Pap ini sangatlah penting. Semakin dini sel kanker Anda pada serviks Anda dideteksi, semakin cepat dokter mengambil tindakan. Ladies, tes Pap ini juga mampu mendeteksi perubahan pada sel-sel serviks yang berpotensi menjadi sel kanker di masa yang akan datang.

Lebih jauh, mayoclinic.com melansir bahwa biasanya tes Pap ini dilakukan bersamaan dengan tes panggul. Pada wanita yang berumur lebih dari 30 tahun, tes Pap ini biasanya dikombinasikan dengan tes untuk mengetahui adanya HPV atau human papillomavirus, yakni penyebab penyakit menular seksual.

Ladies, beberapa badan kesehatan dunia seperti masyarakat kanker Amerika, kongres dokter Obstetri dan Gynekologi Amerika, dan institut peningkatan sistem klinis Amerika menyarankan Anda yang berumur 21 tahun untuk mulai mengambil tes Pap. Tidak berhenti di situ, Anda juga diharuskan melakukan tes Pap secara rutin yakni setiap 3 tahun sekali karena calon sel kanker pada serviks ini akan berpotensii menjadi sel kanker serviks pada 10 hingga 15 tahun mendatang.

Ladies, segera ambil tes Pap ya!

Oleh: Nastiti Primadyastuti

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading