Sukses

Beauty

Pemanasan Untuk Ibu Hamil

Seorang ibu hamil dianjurkan untuk berolahraga ringan agar kesehatan dan kebugarannya terjaga. Olahraga itu bisa berupa senam hamil, jalan-jalan, atau berenang ringan.

Sebelum melakukan olahraga ringan tersebut, ibu hamil hendaknya melakukan pemanasan terlebih dahulu, seperti yang dianjurkan di ehow.com. Pemanasan itu berguna untuk mencegah kram sebab ibu hamil beresiko kram lebih tinggi daripada wanita yang tidak hamil.

Pemanasan itu bisa dilakukan dengan cara:
1. Meregangkan otot kepala dan bahu: memiringkan kepala Anda ke kanan, berdiri tegak lagi, lalu miring ke kiri. Lakukan berulang.

2. Melancarkan aliran darah di sekitar bahu: putar bahu ke depan (ke arah atas dekat telinga) lalu turunkan lagi. Lakukan bergantian bahu kanan dan kiri atau keduanya bersamaan.

3. Gaya berenang: Gerakkan tangan Anda seolah sedang berenang. Bentuk gerakan tangan seperti melingkar, seperti saat Anda berenang agay bebas. Tolehkan kepala Anda juga dari sisi kanan ke kiri.

4. Meregangkan otot badan: Berdiri dengan satu kaki, angkat kaki yang lain. Regangkan seluruh anggota badan Anda ke atas. Lakukan dengan perlahan saja.

5. Meregangkan otot kaki: Duduklah dengan meluruskan kaki Anda. Angkat kaki setinggi yang Anda bisa lalu turunkan. Lakukan beberapa kali secara bergantian kanan dulu baru kiri atau sebaliknya.

6. Meraih bintang: Angkat tangan Anda ke atas secara perlahan seolah ingin menyentuh bintang. Lakukan bergantian kanan dan kiri, atau keduanya bersamaan.

Itulah tadi gerakan pemanasannya. Pastikan Anda melakukan pemanasan 5 menit sebelum melakukan olahraga dan 5 menit setelah olahraga. Selamat mencoba.

Asizah

(vem/ova)
Loading
Artikel Selanjutnya
Senam Hamil dengan Bola
Artikel Selanjutnya
Berolahraga Saat Hamil, Bermanfaatkah?