Sukses

Beauty

Perut Melilit Sembelit Karena Stress

Seperti yang sudah diketahui banyak orang bahwa stres bukan sekedar mengganggu pikiran, membuat aktifitas sehari-hari tidak nyaman, namun juga menimbulkan banyak gangguan kesehatan. Gangguan kesehatan akibat stres atau pikiran yang terlalu berat antara lain adalah penyakit asma, jerawat, serta terganggunya siklus menstruasi. Nah tahukah Ladies bahwa sembelit atau susah BAB adalah gangguan kesehatan lain yang ditimbulkan stres?

Sebuah artikel lansiran gutsense.org menjelaskan bahwa sembelit adalah salah satu dampak dari stres. Bagaimana bisa? Jika seseorang mengalami stres, maka reflek gastrocolic di tubuhnya pun terganggu. Reflek gastrocolic adalah reflek yang ditimbulkan tubuh yang mengendalikan sistem sekresi atau dalam hal ini adalah buang air besar.

Menghadapi masalah konstipasi, orang akan cenderung melakukan langkah-langkah penanganan yang biasa dilakukan seperti mengkonsumsi makanan kaya serat, makanan yang mengandung kadar air tinggi, serta makanan yang bersifat laxative atau memicu buang air besar. Jangan lakukan hal itu jika yang Ladies alami adalah sembelit akibat stres. Hal itu karena melakukan tindakan-tindakan seperti yang disebut di atas justru akan memperburuk stres yang Ladies alami.

Jadi dengan kata lain, jika ingin mengatasi masalah sembelit akibat stres yang sedang dialami Ladies, yang perlu Ladies lakukan adalah memecahkan sumber stresnya. Karena dengan stres yang sudah dapat diatasi, maka dampak dari stres, yang salah satunya adalah sembelit, dengan sendirinya akan terseleseikan juga.

Oleh: Marintan Widi Lestari

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading