Sukses

Beauty

Ketombe: Jenis dan Penyebabnya

Ladies, apakah rambut Anda berketombe? Tenang, ketombe bukan hanya masalah Anda seorang. Hampir semua orang yang lepas dari masa kanak-kanaknya bisa mengalami masalah kulit kepala ini. Kondisi dimana munculnya remahan kecil berwarna putih keperakan akibat pengelupasan kulit luar kepala yang berlebih ini akan hadir di dalam kehidupan manusia setidaknya sekali.

Menurut laman 14steps.org ketombe tak hanya menyerang kulit kepala namun juga jenggot, hidung, alis, belakang telinga, di luar telinga, leher, pundak, dan lain sebagainya. Meskipun ketombe bisa saja hilang dengan perawatan sehari-hari ada baiknya kita mengetahui jenis serta sebabnya.

Masih menurut laman yang sama ada dua jenis ketombe. Yaitu ketombe kering dan berminyak.

Ketombe kering: Muncul ketika masa akil baligh dengan jumlah yang relatif sedikit disertai gatal dan terbentuknya butiran putih pada kulit kepala.

Ketombe berminyak: Muncul ketika seeorang menginjak usia remaja. Ketombe muncul akibat kelebihan sebum dan ciri khasnya adalah gatal dan kulit kepala yang berminyak.

Karena munculnya ketombe ini ditAndai dengan proses pendewasan manusia, biasanya penyebab utamanya adalah hormon yang tidak seimbang. Adapun sebab lainnya seperti terlalu panas, alergi, lingkungan yang kering, cuaca dingin, kurang nutrisi, kondisi kesehatan yang buruk, kurang menjaga kebersihan, stres, kurang tidur, gen, penggunaan produk perawatan rambut/tidak cocok pada produk tertentu, kurangnya mencuci rambut, diet salah, cara membilas yang salah dan penggunaan topi atau penutup kepala yang terlalu ketat.

Oleh: Rahmawati

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading