Sukses

Beauty

Hati-hati Dengan Isotretinoin

Masalah jerawat memiliki tingkatan yang berbeda-beda, mulai ringan hingga berat. Pada beberapa kasus, masalah jerawat bisa jadi sangat buruk hingga tidak dapat diatasi dengan obat-obatan dan perawatan kulit secara standar. Pada saat seperti inilah, dokter biasanya akan meresepkan Isotretinoin. Ladies, apa itu Isotretinoin dan bagaimana efek sampingnya bagi tubuh?

Menurut howstuffworks.com, Isotretinoin adalah obat jerawat yang sangat kuat dan hanya akan diresepkan dokter untuk mengatasi jerawat serius yang sudah tidak bisa lagi diobati dengan antibiotik. Terdapat beberapa jenis Isotretinoin di pasaran. Namun pada 2009 salah satu obat yang mengandung Isotretinoin, yaitu Accutane, telah ditarik peredarannya karena banyaknya laporan masalah kesehatan mental yang menjadi efek sampingnya.

Isotretinoin memang memiliki banyak efek samping, seperti meningkatnya sensitivitas terhadap sinar matahari, masalah kecemasan, hingga gangguan kehamilan dan janin. Itu sebabnya, dokter akan benar-benar meneliti apakah seorang pasien sungguh memerlukan pengobatan ini sebelum meresepkannya.

Ladies, walaupun berbahaya, setidaknya satu dari dua puluh pasien memang membutukan Isotretinoin karena obat-obatan lain benar-benar tidak dapat membantu mereka. Meskipun terbukti efektif, obat ini tetap harus dikonsumsi dengan berhati-hati. Pasien pun dianjurkan untuk memeriksakan darah setiap satu bulan sekali untuk mengetahui bahwa obat ini tidak mengganggu kerja hatinya.

Nah Ladies, sebaiknya Anda pun menjadi pasien yang aktif dengan selalu menanyakan efek samping yang mungkin ditimbulkan oleh obat jerawat yang diresepkan dokter. Apalagi jika Anda menerima Isotretinoin, pastikan Anda mendapat informasi yang lengkap sebelum mengkonsumsinya.

Oleh: Ayu Liskinasih

(vem/rsk)
Loading
Artikel Selanjutnya
5 Hal yang Harus Dihindari Terkena Wajahmu agar Tidak Berjerawat dan Iritasi
Artikel Selanjutnya
26 Bahan Rahasia dalam Produk Skincare untuk Tampil Cantik