Sukses

Beauty

Kenali Perbedaan Jenis Jerawat Berikut Ini

Ugh, jerawat! Pasti Anda sering kesal karena masalah kulit yang satu ini. Munculnya jerawat yang suka mendadak dalam semalam bisa membuat Anda bad mood seharian.

Berikut ini adalah informasi tentang jenis-jenis jerawat dari theloveveitamin.com:

1. Whiteheads dan blackheads
Jenis jerawat ini berbentuk kecil-kecil dan rapat, biasanya tumbuh di dahi. Biasanya, whiteheads tidak menimbulkan rasa sakit, namun menyebar di satu area sehingga sangat mengganggu penampilan. Namun jangan coba-coba mencuil jerawat-jerawat ini. Jika permukaan whiteheads terbuka maka udara akan berinteraksi dengan sebum dan keratin pada jerawat, dan terperangkap di dalamnya sehingga menimbulkan warna menghitam alias blackheads.

2. Sebaceous filaments
It needs to be clarified bahwa sebaceous filaments yang biasanya kita sebut komedo pada hidung adalah sama sekali normal. Ini bukan jerawat, sebetulnya, tapi adalah kelenjar minyak yang memang terlihat ‘keluar’. Meskipun rajin dibersihkan, komedo akan selalu datang lagi karena kulit hidung kita membutuhkannya.

3. Papules
Jerawat jenis ini berwarna merah, dan tidak terlalu menonjol. Biasanya papules berasal dari whiteheads yang teriritasi sehingga melebar dan menyebabkan perih atau sedikit nyeri.

4. Pustules
Pustules adalah jenis jerawat yang berukuran medium yang berisi cairan bening atau kadang nanah. Jangan coba-coba memencet pustules, ya, Ladies! Selain karena akan menimbulkan nyeri yang lumayan, bekas dari pencetannya bisa menyebabkan luka. Tunggulah sampai ia pecah sendiri.

5. Nodules dan cysts
Jenis jerawat ini adalah yang paling parah dari semua yang ada di atas. Jerawat ini besar dan seringnya berisi darah dan nanah saat pecah. Peradangan yang terjadi menimbulkan nyeri yang amat sangat.

Oleh: Mazhi

(vem/rsk)
Loading
Artikel Selanjutnya
Penjelasan Ahli Keamanan Mengatasi Jerawat dengan Pasta Gigi
Artikel Selanjutnya
Rekomendasi Pilihan Laser yang Mampu Menghilangkan Bekas Jerawat