Sukses

Beauty

Ayo Mengenal Manfaat Tanaman Kumis Kucing

Ladies, pernahkan anda mendengar tanaman bernama kumis kucing? Tanaman bernama latin Orthosiphon aristatus ini, menurut situs www.malesgila.com, adalah tanaman yang berasal dari wilayah Afrika, yang kemudian menyebar ke benua Asia, termasuk Indonesia. Di Indonesia, tanaman yang satu ini memang sudah banyak dikenal memiliki banyak khasiat yang baik untuk kesehatan. Ingin tahu apa saja khasiat kumis kucing? Yuk, baca ulasan singkatnya di bawah ini.

Beberapa khasiat tanaman kumis kucing datang dari situs forum.kompas.com. Khasiat tersebut antara lain dalam mengobati beberapa penyakit, seperti infeksi ginjal akut dan kronis, rematik, tekanan darah tinggi, kencing manis, kencing batu, serta infeksi kandung kencing. Tak hanya itu, dalam situs lain seperti situs trik-tips-sehat.blogspot.com, kumis kucing dapat pula dimanfaatkan untuk mengatasi sakit pinggang dan masuk angin.

Sebagai tambahan, dalam situs www.malesgila.com dijelaskan bahwa manfaat lain kumis kucing adalah dalam mengobati amandel, mengatasi rasa pusing yang muncul karena tekanan darah tinggi, mengobati sembelit, encok, dan batuk, serta menghilangkan lelah.

Khasiat kumis kucing yang tak sedikit ini tentu tak lepas dari kandungan dalam tanaman ini. Dijelaskan dalam situs www.sehatmanfaat.com, salah satu kandungan yang banyak terdapat dalam tanaman kumis kucing adalah glikosida orthosiphonin. Zat ini sangat baik dalam melarutkan fosfor dan asam urat dalam tubuh, terutama yang bersarang dalam empedu dan kandung kemih. Kandungan lainnya dalam kumis kucing, yang tercantum dalam situs www.iptek.net.id, adalah zat samak, minyak atsiri, minyak lemak, saponin, sapofonin, garam kalium, dan myoinositol.

Oleh: Alfi

(vem/rsk)
Loading