Sukses

Beauty

Khasiat Kunyit III: Mengatasi Nyeri Haid

Ladies, menstruasi atau haid adalah suatu hal yang wajar dan biasa dialami wanita setiap bulan sebagai pertanda dia masih dalam masa subur. Haid merupakan proses hormonal pada sistem reproduksi wanita yang melibatkan kerja kelenjar hipotalamus dan indung telur yang terjadi setiap sebulan sekali.

Tak jarang, saat haid seorang wanita akan merasakan nyeri yang sangat menyakitkan. Nyeri haid terjadi karena adanya kontraksi disritmik dari otot rahim. Akibatnya pada saat haid perut terasa mulas akibat pengeluaran darah kotor pada ovarium. Biasanya juga akan terasa kram perut ketika haid datang.

Untuk mengatasi nyeri haid, sebenarnya banyak sekali caranya. Tapi alangkah baiknya jika Anda lebih baik mengatasinya dengan mengonsumsi obat herbal. Salah satunya Anda dapat mencoba jamu kunyit asam untuk mengurangi rasa nyeri dan sekaligus membersihkan rahim dan melancarkan darah haid.

Kunyit kaya akan manfaat, kandungan kunyit diantaranya:
- Zat kurkumin
- Vitamin C
- Minyak atsiri
- Protein
- Karbohidrat
- Beberapa mineral seperti kalsium, fosfor dan zat besi.

Dijelaskan pada situs top10homeremedies.com, zat kurkumin berkhasiat untuk mencegah dan memperbaiki luka lambung, sementara kandungan minyak atsirinya berkhasiat sebagai anti-inflamasi.
Kombinasi kunyit dan asam jawa akan mempermudah proses metabolisme tubuh di mana mampu melancarkan peredaran darah, membuang lemak dan membuat oksigen mudah mengalir didalam tubuh.

Lalu bagaimana caranya? Sangat mudah lho, Anda cukup mengambil beberapa kunyit, ketumbar 7 butir, cengkih 1 butir, asam jawa, biji pala lalu campur jadi satu dan ditumbuk, ditambahi air 150 ml dan dididihkan, kemudian disaring. Anda dapat meminumnya 1 kali sehari 100 ml dan rasakan manfaatnya. Selamat mencoba ladies.

Oleh: Ismaya Indri Astuti

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading