Sukses

Beauty

Tahukah Anda Bahwa Putri Malu Berkhasiat?

Siapa sangka tumbuhan liar yang bernama putri malu ini berkhasiat tinggi? Ia bisa tumbuh di tepian sungai atau di halaman rumah. Tanaman ini juga kerapkali dipangkas habis saat menyiangi rumput. Wah, bisa-bisa Anda menyesal setelah tahu khasiatnya untuk kesehatan.

Benar sekali, Moms. Tanaman putri malu yang biasanya akan mengatupkan daunnya ketika tersentuh lalu membuka kembali setelah beberapa saat, memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Seperti yang dilansir oleh laman herbalremedies.com, tanaman bernama ilmiah Mimosa Pudica ini memliki anti bacterial, anti biotik, anti inflamasi, anti mikrobial, pembasmi kuman, penawar nyeri, penenang, kontraseptif, dan ekspektoran.

Nah Moms, sedangkan untuk kegunaannya dalam kesehatan adalah putri malu ini bisa untuk meredakan demam, wasir, penyakit kuning, kusta/lepra, disentri, keluhan organ kewanitaan dan rahim, peradangan, perasaan terbakar, kelelahan/fatigue, asma, leucoderma, dan penyakit yang berhubungan dengan darah.

Namun Moms, sebenarnya seluruh bagian dari tanaman putri malu mengandung racun, meski ia juga memiliki khasiat yang menumpuk. Oleh karena itu, disarankan bagi Anda yang ingin menggunakan tanaman liar ini sebagai pengobatan, sebaiknya Anda diskusikan dulu dengan ahlinya, seperti dokter atau bidang tanaman dan obat-obatan terdekat dengan Anda.

Selain itu Moms, sangat dianjurkan bagi ibu hamil atau yang sedang dalam masa perawatan untuk tidak coba-coba dahulu dengan tanaman ini karena kandungan racunnya. Oleh sebab itu, Anda tetap harus waspada.

Oleh: Kamilah

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading