Sukses

Beauty

Asam Jawa dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Ladies, tahukah Anda bahwa asam Jawa memiliki berbagi manfaat untuk kesehatan? Asam Jawa termasuk obat tradisional asli Indonesia yang dipercaya dapat mengobati beberapa penyakit. Berikut ini adalah ulasan tentang asam Jawa dan manfaatnya bagi tubuh.

Asam Jawa yang memiliki nama Latin Tamarindus indica ini merupakan tanaman obat yang tumbuh di daerah tropis seperti Indonesia. Ciri-cirinya, pohonnya rindang dan dapat tumbuh besar hingga mencapai 20 meter. Kulit kayunya keras dan bersirip genap, menurut informasi yang dilansir indonesiaindonesia.com. Bunganya berwarna kuning kemerahan dengan polong berwarna coklat. Tentu saja, rasanya asam. Ciri yang lainnya, tanaman yang berbentuk polong ini selain memiliki daging buah, terdapat pula biji di dalamnya sebanyak 2-5 buah yang berbentuk pipih dan berwarna coklat kehitaman.

Tanaman asam Jawa ini memiliki beberapa nama, antara lain Asem (Jawa), Bak Mee (Aceh), tangkal asem (Sunda), Celagi (Bali), dan lain-lain. Tanaman ini mempunyai banyak khasiat yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Meskipun asam Jawa merupakan tanaman obat, biasanya ibu-ibu rumah tangga banyak yang menggunakannya sebagai penyedap atau bumbu masakan. Hal itu dikarenakan asam Jawa memiliki kandungan gula invert, tartaricacid, citricacid, nicotinic acid, Vitamin B3, dan masih banyak lagi. Menurut informasi yang dilansir infoherbaltradisional.blogspot.com, khasiat dari asam Jawa antara lain sebagai pereda demam, pencahar, antiseptik, hingga meningkatkan nafsu makan. Khasiat lain dari asam Jawa adalah mengobati asma, batuk, reumatik, sariawan, bisul, sengatan lebah, bahkan dapat mengobati gigitan ular yang berbisa sekalipun.

Wah, Ladies! Ternyata asam Jawa memiliki khasiat segudang yang tentu saja bisa Anda manfaatkan dalam untuk mengobati penyakit Anda. Semoga informasi di atas bermanfaat bagi Anda.

Oleh: Rani Rahma

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading