Sukses

Beauty

1001 Khasiat Kubis

Penggemar siomay ataupun sayur sop pasti sangat mengenal sayuran yang satu ini. Apalagi kalau bukan kubis. Sayuran yang terkenal dengan kesegaran pada tiap lapisnya ini ternyata mempunyai banyak mafaat bagi kesehatan.

Disadur dari diethuteri.com, kubis mengandung senyawa yang bersifat membantu melawan kanker seperti lupeol, sinigrin dan diindolymethane. Sementara zat indol-3-karbinol dan sulforaphane dapat memicu enzim pertahanan tubuh dan juga menghambat pertumbuhan tumor, serta dipercaya dapat menurunkan resiko kanker payudara.

Selain itu, kubis juga diyakini sebagai salah satu solusi alami terbaik untuk radang perut yang disebut tukak lambung. Sebuah penelitian di Stanford University mengemukakan bahwa jus kubis segar sangat efektif mengobati tukak lambung karena kandungan glutamin yang tinggi pada kubis.

Kemudian, kubis yang tinggi betakaroten ini membantu melindungi regenerasi makula terkait usia dan mencegah katarak. Karena tinggi vitamin C, kubis membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan membantu tubuh melawan radikal bebas.

Ditambahkan melalui lansiran dari mancinginfo.blogspot.com, kubis juga merupakan sumber asam amino glutamin yang diyakini dapat membantu mereka yang menderita peradangan. Sebenarnya sebagian besar yang terkandung dalam kubis adalah karbohidrat. Tapi, kubis juga termasuk makanan yang rendah kalori, sehingga kubis baik dikonsumsi untuk penurunan berat badan.

Kubis juga merupakan makanan rendah lemak jenuh dan kolesterol, serta sumber makanan yang kaya akan serat dan folat. Kubis mampu menyediakan hampir 15 persen dari asupan makanan harian yang disarankan.

Oleh: Fadhila E.

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading