Sukses

Beauty

Efek Samping Kamomil Sebagai Bahan Pengobatan

Ladies, bunga kamomil adalah salah satu jenis tanaman obat yang bisa menyembuhkan peradangan, mengobati diare atau kolik, obat diabetes, mengurangi resiko penyakit jantung, dan berbagai manfat lain yang berhubungan dengan kesehatan. Karena ekstrak bunga kamomil ini mengeluarkan bau yang harum kamomil juga biasa digunakan sebagai salah satu bahan kosmetik.

Nah, apakah ada efek samping tanaman obat ini? Menurut laman webmd.com penggunaan kamomil sebagai salah satu bahan pengobatan mempunyai efek samping yang bisa dibilang kecil sekali. Salah satu jenis bunga kamomil yaitu kamomil jerman apabila dikonsumsi sebagai obat dalam waktu yang relatif pendek tidak menghasilkan efek yang berarti, namun begitu belum diketahui secara pasti apa ada efek yang ditimbulkan apabila dikonsumsi dalam waktu yang panjang.

Kamomil jerman mengakibatkan alergi pada beberapa orang, apabila seseorang sudah pernah terbukti alergi pada tanaman yang masih satu kerabat dengan kamomil seperti krisan atau daisy maka dapat dipastikan kamomil menyebabkan alergi. Alergi bisa berupa reaksi alergi pada kulit apabila dioleskan pada kulit atau menyebabkan iritasi mata apabila digunakan pada mata.

Kamomil jerman juga mempunyai zat yang berlaku seperti estrogen, jadi jika ladies mempunyai kondisi dimana paparan estrogen malah memperparah kondisi tubuh maka jangan gunakan bahan apapun yang berkaitan dengan kamomil jerman ini. Efek pada ibu hamil atau ibu menyusui masih belum diketahui, namun lebih baik untuk tidak menggunakan produk dengan bahan campuran kamomil Jerman ini untuk mengurangi resiko yang ditimbulkan.

Oleh: Rahmawati

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading