Sukses

Beauty

Atasi Kelelahan Leukimia Kanker Darah dengan Olahraga

Pada saat menjalani atau sesudah masa perawatan dan pengobatan, para penderita leukimia kanker darah umumnya akan merasa kelelahan. Hal ini bisa dipahami karena serangkaian kemoterapi menghasilkan efek fatigue yang luar biasa.

Kelelahan akibat treatment bukanlah kelelahan yang biasanya dirasakan orang normal setelah melakukan banyak pekerjaan berat. Tidak. Kelelahan sejenis ini termasuk kelelahan bone-weary yang mana si penderita merasa tidak memiliki energi sama sekali untuk melakukan aktivitas. Bahkan istirahat pun tidak bisa menghilangkan fatigue ini.

Kunci untuk mengurangi rasa kelelahan ini sebenarnya adalah olahraga. Seperti yang dilansir Cancer.org, olahraga sangat membantu untuk memulihkan stamina bagi Anda penderita kanker.
Saat Anda merasa sangat capek, ada baiknya untuk beristirahat. Namun, juga tidak salah jika Anda mencoba untuk menggerakkan tubuh walau hanya sebentar.

Mulailah dari pergerakan simpel seperti berjalan. Ajaklah teman untuk menemani Anda jalan-jalan di sekitar komplek rumah. Atau jika Anda punya binatang peliharaan, cobalah untuk bermain-main dengan mereka di taman. Ini tidak hanya akan mengurangi kelelahan tapi juga stres yang selalu menghampiri.

Bagi Anda yang memiliki dana lebih, cobalah untuk mencari trainer bersertifikat resmi untuk memastikan olahraga jenis apa yang pas untuk penderita kanker.

Olahraga bagi penderita kanker darah secara tidak langsung juga dapat memperbaiki mood. Anda juga bisa meningkatkan rasa percaya diri untuk kembali hidup normal.

Oleh: Lailiyah K. N.

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading