Sukses

Beauty

Menghitung Tekanan Penyakit Darah Tinggi

Ladies, mengetahui tekanan darah haruslah Anda lakukan secara rutin. Terutama bagi Anda yang menderita penyakit darah tinggi. Anda mungkin bisa melakukannya setiap minggu.

Nah Ladies, jika Anda hendak mengontrol tekanan darah Anda, 30 menit sebelumnya usahakan Anda tidak merokok, olahraga, dan meminum minuman yang mengandung kafein seperti yang dilangsir ulang dari www.nytimes.com. Tujuannya tak lain adalah agar tekanan darah Anda dalam keadaan stabil.

Nah Ladies, alat yang biasa digunakan untuk menghitung tekanan darah disebut sphygmomanometer dengan menggunakan air raksa yang terisi pada kolom tengah dari alat tersebut. Sementara itu, stethoscope juga digunakan untuk mengetahui tekanan darah dalam pembuluh arteri.

Jika pada pemeriksaan pertama, tekanan darah di atas normal maka akan dilakukan pengulangan selang 2 menit setelahnya. Hal tersebut bisa diulang hingga 3 kali hingga menemukan hasil yang sama dan valid.

Sementara www.webmd.com juga menjelaskan bahwa terdapat dua angka yang muncul ketika mengetahui tekanan darah dalam pembuluh. Angka pertama yang lebih besar menunjukkan tekana darah pada saat jantung berdetak. Sedangkan angka kedua yang lebih kecil menunjukkan tekanan darah saat jantung beristirahat diantara detaknya.

Tekanan darah normal pada manusia yakni 120/90 untuk dewasa. Jika masih sekitar 140 masih disarankan untuk melakukan diet dan olaharaga. Sedangkan jika sudah mencapai angka 180 nih Ladies, perlu adanya penanganan khusus. Jika tidak, penyakit tersebut bisa menimbulkan adanya penyakit lain seperti stroke dan serangan jantung.

Oleh : Alvi Rizana

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading