Sukses

Beauty

5 Hal yang Harus Dihindari Saat Mencatok Rambut

Fimela.com, Jakarta Hingga saat ini, rambut yang lurus dan berkilau masih menjadi idaman banyak perempuan. Sebenarnya, tidak perlu repot-repot ke salon untuk mendapatkan tampilan rambut seperti ini. Di rumah pun kamu bisa mendapatkan rambut lurus berkilau dengan menggunakan catokan saja. Seperti yang kita tahu, penggunaan catokan dalam intensitas yang terlalu sering dapat menyebabkan rambut mudah kering dan rusak. Nah, hal ini pun akan semakin memburuk jika kerap melakukan kesalahan penggunaan catokan rambut. Berikut ini lima di antaranya!

1. Menggunakannya saat Rambut Masih Basah

Meluruskan rambut saat kondisinya masih basah memang bisa membuat proses penataan rambut jadi lebih cepat. Sayangnya, kebiasaan ini justru akan menimbulkan kerusakan yang lebih parah pada rambut. Untuk mencegahnya, sebaiknya keringkan rambut terlebih dahulu hingga kondisinya benar-benar kering. Setelahnya, barulah dilanjutkan dengan mecatok rambut.

2. Tidak Menjaga Kebersihannya

Jika Sahabat Fimela termasuk orang yang rutin menggunakan catokan, jangan lupa juga untuk membersihkannya secara rutin, ya! Produk heat protectant yang digunakan sebelum rambut dicatok bisa menumpuk pada pelat catokan dan menyebabkan kerusakan pada rambut. Untuk membersihkannya, gunakan kapas atau handuk yang dibasahi dengan alkohol. Lakukan minimal satu bulan sekali pada catokan yang sedang dalam kondisi mati dan bersuhu dingin.

3. Tidak Menyimpannya dengan Baik

Penyimpanan yang sembarangan bisa membuat catokan menjadi cepat rusak. Untuk memastikan kualitasnya tetap terjaga, selalu simpan catokan saat suhunya sudah turun. Catokan yang disimpan dalam kondisi panas berisiko membuat sisa produk menempel pada pelat, atau merusak wadah penyimpanannya. Sebelum disimpan, bersihkan catokan terlebih dahulu menggunakan waslap. Lalu, gulung kabel catokan secara longgar. Pssst, hindari pula melilitkan kabel pada badan catokan, ya! Pasalnya, hal tersebut hanya akan membuat kabelnya cepat rusak.

4. Salah Memilih Ukuran Catokan

Catokan hadir dalam berbagai ukuran pelat. Dengan memilih ukuran yang tepat, Sahabat Fimela bisa lebih menjaga kesehatan rambut sekaligus menghemat waktu penataan. Umumnya, catokan memiliki lebar pelat 2.5 cm. Ukuran ini pas untuk segala jenis rambut. Namun, jika memiliki rambut yang tebal dan panjang, sebaiknya pilihlah catokan dengan pelat yang lebar. Nah, bagi yang memiliki rambut cenderung tipis dan pendek, bisa menggunakan pelat dengan ukuran yang lebih tipis.

5. Mengulangi Proses Catok pada Bagian Rambut yang Sama

Peranan suhu pada proses pelurusan rambut sangatlah penting. Jangan sampai, karena terlalu takut merusak rambut, memilih suhu paling rendah dan jadi harus mencatok rambut pada area yang sama secara berulang-ulang. Hal ini akan membuat ujung rambut menjadi lebih kering dan juga membuat akar rambut sering tertarik. Akibatnya, rambut jadi cepat rusak dan mudah rontok. Oleh karena itu, pastikan kamu sudah mengetahui suhu catokan yang pas untuk rambutmu, ya!

Baca juga: Dari Murah Hingga yang Paling Mahal, Ini 5 Rekomendasi Alat Catok untukmu yang Gemar Menata Rambut

Well, semoga informasi ini bermanfaat ya. Karena rambut indah adalah mahkota bagi perempuan hebat sepertimu.

Loading
Artikel Selanjutnya
Rekomendasi Produk untuk Menghindari Kerusakan Kulit Akibat Blue Light
Artikel Selanjutnya
Manfaat Kayu Manis untuk Mengatasi Jerawat Hingga Membuat Bibir Bervolume