Sukses

Beauty

Cara Menghilangkan Cegukan dengan Cepat

Cegukan atau (hiccup: bahasa Inggris) terjadi karena pita suara menutup secara tiba-tiba akibat terpicu oleh kontraksi pada diafragma dan menghasilkan bunyi hik. Diafragma adalah membran otot pemisah rongga dada dan perut yang berperan penting pada sistem pernapasan. Cegukan biasa dialami oleh bayi hingga orang dewasa lanjut usia. Durasinya bermacam-macam: ada yang sebentar dalam beberapa menit, tapi ada juga yang mengalaminya selama berhari-hari.

Pengertian cegukan secara medis secara singkat, yaitu keadaan pada saat diafragma yang berkontraksi karena kejang menyebabkan pita suara yang ada di tenggorokan menutup dan membuka dengan sangat cepat. Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan terjadinya cegukan yang kadang tidak bisa diprediksi.


Penyebab cegukan :

  1. Minum minuman panas
  2. Minum minuman bersoda
  3. Perubahan suhu yang ekstrim dan tiba-tiba
  4. Makan terlalu banyak
  5. Merokok atau menghisap asap rokok
  6. Minum minuman beralkohol
  7. Makan makanan pedas
  8. Makan dengan cepat
  9. Masuk angin
  10. Perut kembung

Cegukan juga dibagi menjadi 2 jenis:

  1. Cegukan ringan adalah cegukan yang kebanyakan terjadi pada orang dan hanya berlangsung sebentar atau beberapa menit.
  2. Cegukan berat adalah cegukan yang dialami hingga berjam-jam atau bahkan berhari-hari. Jika hal ini Anda alami, maka Anda harus waspada karena bisa menjadi pertanda bahwa ada hal tidak beres terjadi dalam tubuh Anda. Hal yang mungkin menjadi penyebab cegukan Anda keras dan lama adalah adanya gangguan pada otak, penyakit kronis, infeksi, herpes, gangguan sistem metabolisme dalam tubuh, atau karena Anda sedang dalam pengaruh obat-obatan. Maka Sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter.


Cara menghilangkan cegukan


Banyak orang yang memberikan berbagai macam petunjuk bagaimana cara menghilangkan cegukan yang berbeda-beda, saat kita mengalami cegukan. Mungkin Anda akan merasa bingung karena terlalu banyak cara menghentikan cegukan. Memang cara menghentikan cegukan bermacam-macam. Karena efek dari cara menghentikan cegukan berbeda pada setiap orang. Ada orang yang biasa menghentikan cegukan dengan menahan napas, ada juga yang menghentikan cegukan dengan cara minum air. Berikut di bawah ini ada beragam cara menghilangkan cegukan pada orang dewasa.


1. Jeruk nipis


Jeruk nipis yang kaya akan kandungan yang bermanfaat bagi tubuh juga dapat dimanfaatkan sebagai cara menghilangkan cegukan dengan cepat.
Caranya adalah:

  1. Minum langsung air perasan jeruk nipis, peraslah secara langsung di mulut.
  2. Kandungan vitamin C-nya yang tinggi akan menghilangkan gangguan pada saraf vagus.


2. Minyak kayu putih


Mengoleskan minyak kayu putih pada leher dan bagian perut dapat menjadi cara menghilangkan cegukan berkepanjangan. Kandungan minyak atsiri dan sensasi panasnya dapat menghilangkan cegukan.
Cara menghilangkan cegukan dengan minyak kayu putih adalah:

  1. Oleskan minyak kayu putih pada bagian leher dan area perut secara merata.
  2. Sensasi rasa hangatnya bisa menghilangkan cegukan.


3. Es batu


Dengan mengusapkan es batu pada tenggorokan Anda secara perlahan-lahan akan membantu saraf menjadi lebih santai sehingga cegukan akan hilang. Hal ini merupakan salah satu cara cepat menghilangkan cegukan.


4. Gula


Dengan mengulum gula batu atau 1 sendok gula pasir bisa dimanfaatkan sebagai cara menghilangkan cegukan terus menerus, karena gula bisa merangsang otot diafragma.
Caranya:
Kulum gula selama 5 menit, lalu boleh Anda telan atau keluarkan dari mulut.


5. Menjulurkan lidah

Cara menghilangkan cegukan tanpa minum yaitu dengan menjulurkan lidah. Tujuan menjulurkan lidah untuk merangsang nasofaring dan saraf vagus. Saraf ini mempengaruhi otot-otot mulut, tenggorokan, dan mengatur kontraksi yang terjadi pada diafragma


6. Menahan napas


Cara paling umum dan telah banyak diketahui oleh semua orang yaitu dengan menahan napas. Menahan napas diyakini bisa digunakan sebagai
cara ampuh menghilangkan cegukan karena hal ini akan menjadikan kadar karbondioksida dalam tubuh bertambah. Caranya adalah: Tahan napas selama anda kuat.


7. Bernapas dengan kantong plastik atau kertas

Cara ampuh menghilangkan cegukan berikutnya, yaitu bernapas menggunakan kantong plastik atau kertas bertujuan untuk menahan napas agar kadar karbondioksida meningkat. Karena bernapas dengan menggunakan kantong plastik atau kertas, hal ini sebenarnya Anda sedang menghirup lagi karbondioksida yang dikeluarkan. Bernapaslah saja dengan normal seperti biasa tapi dengan menggunakan kantong plastik atau kertas


8. Minum air hangat


Air hangat dapat membantu untuk melancarkan peredaran darah dan oksigen sehingga oksigen yang dibutuhkan oleh tubuh terpenuhi.
Caranya adalah:

  1. Minumlah air hangat lalu tahan napas dengan posisi tubuh membungkuk selama yang Anda bisa. Kemudian kembalikan posisi tubuh dalam keadaan tegap masih dengan menahan napas.
  2. Baru kemudian masukkan dalam tubuh atau diminum dan bernapas seperti biasa.


9. Mengatur pernapasan


Berikut adalah cara menghilangkan cegukan yang terus menerus dengan mengatur pernapasan. Bernapaslah dengan teratur dan benar. Supaya oksigen dan karbondioksida bisa masuk bergantian ke dalam tubuh dengan kadar yang tepat.
Caranya adalah:
Tarik napas dalam-dalam dan tahan sekuat yang Anda bisa, lalu hembuskan.


10. Menahan napas dengan menekuk kedua lutut


Menahan napas sambil menekuk kedua lutut juga dapat Anda lakukan sebagai cara menghilangkan cegukan.


11. Headstand


Melakukan headstand bertujuan untuk membalikkan tubuh supaya peredaran darah dan oksigen jadi terbalik.

 

Demikianlah bermacam-macam cara menghilangkan cegukan orang dewasa. Semoga bermanfaat.

(vem/tew)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading