Sukses

Beauty

Kandungan Suplemen dan Vitamin yang Baik untuk Mencegah dan Mengatasi Jerawat

Fimela.com, Jakarta Ada begitu banyak ‘jalan’ yang dapat ditempuh untuk menumpas jerawat pada wajah. Mulai dari jalan yang ‘mudah’ seperti menggunakan spot treatment, hingga jalan yang lebih sulit, seperti melakukan perawatan laser di klinik kecantikan. Kalau selama ini jalan yang ditempuh merupakan perawatan topikal atau dari luar, pernahkah berpikir untuk melawan jerawat dari dalam? Ya, salah satu cara mengatasi dan mencegah jerawat yang mengganggu adalah dengan mengonsumsi suplemen atau vitamin. Tidak melulu dengan vitamin C. Kalau begitu, coba lihat 5 kandungan lainnya yang baik untuk atasi jerawat, yuk!

1. Probiotik

Jika mendengar nama probiotik, mungkin hal yang pertama terpikirkan olehmu adalah minuman probiotik yang diyakini dapat melancarkan pencernaan. Probiotik mengandung bifidobacterium atau lactobacilli yang akan membantu memproduksi bakteri baik dalam tubuh. Sedangkan, penyebab jerawat adalah bakteri yang tidak sehat. Itulah kenapa mengonsumsi probiotik diharapkan dapat meningkatkan bakteri baik dalam tubuh dan membantu menyehatkan kondisi kulit kamu sekaligus.

Baca juga: Kandungan Probiotik Dalam Skin Care Tengah Digemari. Ini Alasan Mengapa Juga Perlu Dicoba!

2. Zinc

Zinc merupakan mineral yang akan ‘membantu’ kulit berjerawat dengan bekerja mengatur produksi minyak, mengurangi inflamasi, sekaligus menyeimbangkan efek hormon pada kulit yang kerap menjadi penyebab jerawat. Selain membantu mengatasi jerawat, zinc juga akan memperkuat sistem imun kamu dan menjaga kulit agar tetap sehat. Jika tubuh tidak menyimpan zinc, sangatlah disarankan bagi kamu untuk mengonsumsi zinc setiap hari guna memenuhi kebutuhan zinc kamu.

Baca juga: 5 Hal Penting yang Harus Diperhatikan Ketika Ingin Mengonsumsi Suplemen Vitamin

3. Magnesium

Selain zinc, mineral lainnya yang dapat membantu kulit berjerawat adalah magnesium. Kandungan ini dapat membantu mengurangi inflamasi dari jerawat, sekaligus membantu mengurangi kadar kortisol yang merupakan hormon stres (di mana stres dapat menjadi salah satu penyebab jerawat). Tidak hanya itu saja, kandungan ini juga akan membantumu mendapatkan waktu tidur yang lebih sehat dengan meningkatkan kadar melatonin dan serotinin.

Baca juga: Mengenal 5 Vitamin yang Penting untuk Kulit Berjerawat

4. Beta Glucan

Beta glucan adalah gula yang ditemukan dalam dinding sel bakteri, jamur, alga, dan gandum. Kandungan ini banyak digunakan dalam pengobatan HIV/AIDS untuk memperkuat sistem imun dan juga dalam obat penurun kolesterol. Nah, khasiatnya untuk jerawat adalah kemampuannya untuk meningkatkan sistem imun tadi. Karena kulit merupakan organ tubuh terluar yang pertama terkekspos pada faktor lingkungan, tentu jerawat akan lebih rentan muncul jika sistem imun kamu lebih kuat.

Baca juga: Masalah Kulit Tak Kunjung Usai? Atasi dengan Memilih Jenis Vitamin yang Tepat

5. Vitamin B

Secara keseluruhan, vitamin B dapat membantu kulit berjerawat dengan meredakan dan menjaga agar inflamasi jerawat tidak semakin parah. Namun, beberapa vitamin B juga memiliki manfaat lebih untuk jerawat. Misalnya, vitamin B5 dan vitamin B3 alias niacinamide dapat mengurangi produksi sebum dan minyak berlebih, atau vitamin B9 yang membantu tubuh dalam memproduksi sel darah merah, yang penting untuk proses perbaikan lapisan kulit, termasuk di perbaikan jerawat dan luka.

Baca juga: Tidak Hanya Vitamin C dan E, Ternyata Vitamin B juga Memiliki Banyak Manfaat untuk Kecantikan, Lho!

Well, semoga informasi ini dapa membantumu untuk mengatasi masalah jerawat yang membandel. Selamat mencoba.

Loading
Artikel Selanjutnya
Mengenali Alergi Anestesi Sebelum Melakukan Prosedur Kesehatan
Artikel Selanjutnya
Manfaat Algae dalam Skincare untuk Kesehatan Kulit