Sukses

Beauty

6 Langkah Mengatasi Kulit Kering dan Terkelupas

Fimela.com, Jakarta Memiliki kulit kering dan terkelupas memang menjengkelkan. Wajah akan terlihat tua atau wajah mudah teriritasi ketika kulit kering.

Bahkan, beberapa produk dapat memperparah kulit keringmu. Tapi tenang, dilansir dari prevention.com berikut cara menyembuhkan kulit kering dan bersisik secepat mungkin.

Hal pertama yang harus dilakuka ialah mencari tahu penyebab kulit kering dan bersisik di wajahmu. Seperti perubahan cuaca, sebab pada musim dingin kulit akan semakin kering.

“Ketika udara kering dan dingin, lebih banyak air menguap di permukaan kulitmu. Hal ini menyebabkan pengelupasan karena lapisan atas kulit menjadi kering, ”kata Angela Lamb, MD, direktur Westside Mount Sinai Dermatology Faculty Practice, terutama jika kulitmu cenderung kering.

2 dari 2 halaman

Cara menghilangkan kulit terkelupas

1. Gunakan pembersih yang lembut

"Jika kulit sangat kering, saya sarankan menggunakan pembersih yang lembut dan menghidrasi," kata Dr. Katta. "Ada juga pembersih bebas sabun yang membersihkan tanpa mengeringkan kulit."

Cari formula bebas krim dan wangi. Bahan-bahan seperti asam hialuronat, gliserin, dan seramida akan menawarkan dosis hidrasi ekstra saat membersihkan wajah.

2. Gunakan krim pelembap

Dr. Katta merekomendasikan mengoleskan krim yang lebih tebal. Hindari produk yang mengandung alkohol (yang hanya akan mengeringkan kulitmu lebih jauh) dan mencari bahan pelembap dan menenangkan seperti asam hyaluronic, ceramide, lidah buaya, shea butter, urea, oatmeal, dan squalene.

3. Eksfoliasi

Eksfoliasi bisa menjadi cara yang efektif untuk mengelupaskan sel-sel kulit mati yang menyebabkan pengelupasan tapi tetap harus berhati-hati.

Pilih handuk microfiber (gosok dengan lembut dalam gerakan melingkar) untuk dikupas setelah pembersihan. Lakukan pengelupasan kulit hanya dua hingga tiga kali per minggu, dan selalu menggunakan pelembap.

4. Masukkan asam salisilat jika perlu

Jika sahabat Fimela mengalami dermatitis seboroik, komedo, atau jerawat, Dr. Katta sebenarnya merekomendasikan menggunakan pembersih yang lebih kuat yang mengandung asam salisilat, yang bekerja dengan lembut untuk memecah sel-sel kulit dan membuka pori-pori yang tidak tersumbat. Gunakan formula 1 atau 2 persen, seperti yang ini dari Neutrogena, dan ikuti dengan pelembap.

5. Jangan berlebihan dengan obat jerawat

Penghilang jerawat klasik seperti benzoil peroksida, asam salisilat, dan produk retinoid dapat menjadi sangat efektif dalam mengobati jerawat yang membandel, tetapi mereka juga dapat mengupas kulit minyak dan menyebabkan kulit kering atau mengelupas.

6. Waktu mandi

Mandi air panas yang lama akan membuat kulit lebih kering. Air yang sangat panas dapat merusak kulit dan menyebabkan pengelupasan. "Untuk pasien dengan kulit kering, saya sarankan mandi dengan suhu suam-suam kuku dan membatasi mandi tidak lebih dari 10 hingga 15 menit," kata Dr Katta.

Artikel Selanjutnya
Tips Eksfoliasi Kulit Wajah yang Kering dengan Aman
Artikel Selanjutnya
Kulit Wajah Kering, Setop Lakukan 3 Hal Ini