Sukses

Beauty

Tips agar Makeup Bebas Luntur Meskipun Beraktivitas di Bawah Sinar Matahari

Fimela.com, Jakarta Kegiatan sehari-hari menuntutmu untuk banyak melakukan aktivitas di bawah terik matahari? Hati-hati! Selain berisiko memicu penuaan dini dan terjadinya flek hitam, beraktivitas di bawah teriknya sinar matahari juga berisiko membuat makeup hadi luntur, lho! Meski sudah menggunakan produk makeup dengan klaim smudgeproof, mungkin saja masalah ini dapat terjadi, khususnya jika kamu keliru dalam teknik makeup. Tapi, kini kamu tak perlu khawatir! Pasalnya, ada beberapa tips dari para MUA ternama dunia yang bisa diikuti selama proses aplikasi makeup agar dapat mengunci hasil akhir riasan, tanpa takut luntur saat beraktivitas di luar ruangan. Penasaran? Keep scrolling!

1. Pilihlah Primer yang Sesuai Dengan Kondisi Kulit

Seperti yang telah diketahui, primer memiliki fungsi sebagai base sebelum mengaplikasikan makeup. Karena itulah, penggunaan primer sangat penting untuk menjaga makeup agar tidak luntur, terutama bagimu yang sering beraktivitas di bawah sinar matahari. Menurut MUA Robert Greene, Sahabat Fimela juga harus jeli dalam memilih primer yang cocok untuk tipe kulit. Jika memiliki tipe kulit berminyak, tentu harus menggunakan primer dengan hasil akhir matte. Sebaliknya, jika kulitmu agak kemerahan, harus menggunakan primer yang dapat menetralkan warna kulit. Menggunakan primer yang tepat sesuai dengan tipe kulit wajah dapat menyiapkan kulit untuk tampilan akhir yang sempurna dan juga mengunci makeup agar lebih tahan lama.

2. Aplikasikan Foundation dengan Tepat

Menurut Robert Greene, penggunaan foundation bisa menjadi bumerang saat mengaplikasikannya dengan tidak tepat, apalagi jika sering beraktivitas di luar ruangan. Saat mengaplikasikan foundation, MUA yang pernah merias penyanyi Tinashe ini menyarankan agar menggunakan gerakan buffing atau memutar agar lebih menyatu dengan kulit secara sempurna. MUA ternama lainnya, yaitu Benjamin Puckey, memiliki tips yang sedikit berbeda. Ia cenderung lebih menyukai aplikasi bedak tabur di antara primer dan foundation. Lapisan bedak di antara dua produk yang lebih cair tersebut diklaim dapat membuat hasil akhir makeup lebih flawlessdan tahan lama.

Baca Juga: Cara Mudah Mengaplikasikan Ulang Sunscreen Tanpa Merusak Tampilan Makeup

3. Menggunakan Produk Makeup dengan Formula Cream atau Liquid

Selain menggunakan foundation yang tepat, Benjamin Puckey juga menyarankan agar menggunakan cream or liquid products untuk beberapa produk makeup. Hal ini dikarenakan produk makeup dengan formula cair di klaim dapat bertahan lebih lama pada kulit wajah, terutama di bawah sinar matahari. Tips ini juga pernah dipraktekkan oleh beauty vlogger cantik sekaligus MUA, Huda Beauty, di akun Instagram pribadinya. Untuk membuat highlighter lebih tahan lama pada wajah, ia seringkali menambahkan coconut oil saat mengaplikasikan highlighter pada wajah. Fungsinya adalah untuk membuat highlighter yang dikenakannya lebih set dan tahan lama.

4. Selalu Membawa Blotting Paper Kemanapun Pergi

Saat berada di bawah sinar matahari, tentu menjadi sering berkeringat dan tidak menutup kemungkinan bahwa wajah akan berminyak. Nah, Sahabat Fimela dapat menggunakan blotting paper untuk membantu menyerap kelebihan minyak dari wajah tanpa mengganggu riasan. Selain itu, menggunakan blotting paper untuk menyeka keringat pada wajah juga jauh lebih aman untuk makeup kamu ketimbang menggunakan tissue. Suzy Gerstein, MUA yang pernah bekerja dengan Karlie Kloss dan Camilla Belle, juga menyarankan blotting paper untuk ‘menyelamatkan’ makeupmu. Ia seringkali menggunakan blotting paper dengan membungkusnya pada powder puff atau spons bedak agar lebih memudahkannya untuk menjangkau sudut-sudut tertentu pada wajah, seperti bagian lipatan hidung dan di bawah dagu.

5. Gunakan Make Up Waterproof untuk Merias Wajah

Terakhir, waterproof makeup dapat menjadi pilihan agar mendapatkan makeup yang lebih awet. Hal ini dikarenakan saat beraktivitas di luar ruangan, kamu akan lebih sering berkeringat dan itu dapat menyapu bersih makeup kamu jika menggunakan produk makeup yang ‘seadanya’. Maskara dan eyeliner waterproof juga dapat menjadi pilihan kamu jika menginginkan riasan mata yang dapat bertahan lebih lama.

Baca Juga: Mulai dari Melembapkan Kulit Hingga Mengurangi Dampak Buruk Sinar Matahari, Inilah Manfaat Avocado Oil untuk Kecantikan

Sekarang Sahabat Fimela tidak perlu takut makeup berantakan karena beraktivitas di bawah sinar matahari kan. Semoga bermanfaat.

Loading
Artikel Selanjutnya
Perawatan Kulit untuk Calon Pengantin yang Sebulan Lagi Menikah
Artikel Selanjutnya
Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Menggunakan Skincare Berkandungan Benzoyl Peroxide