Sukses

Beauty

3 Tanda Pelembap Wajah Tak Bekerja Pada Kulit

Fimela.com, Jakarta Apakah pelembap yang digunakan menjadikan kulit breakout? atau bahkan memberikan rasa yang lebih kering pada kulit? Mungkin kesalahan yang terjadi karena formula yang digunakan tidak sesuai.

Saat membeli pelembap wajah, kamu tentu menaruh harapan pada produk tersebut. Walaupun sudah melakukan research terhadap produk yang akan dibeli. Hal tersebut juga terkadang tak cukup sempurna untuk menemukan produk skincare yang tepat.

Untuk mengetahui apakah pelembap yang kamu miliki sudah tepat sesuai jenis kulitmu atau justru sebaliknya? Simak penjelasan ahli kulit mengenai ciri pelembap yang dimiliki tak sesuai. Penasaran apa saja?

Tanda pelembap tak bekerja efektif

Kulit terasa ketarik

Penyebab: Jika kamu merasakan kulit terasa ketarik, apapun jenis kulitmu, dan kapanpun kamu mengenakan moisturizer, berarti ada yang salah. Saat kulit merasa seperti ini, menandakan bahwa skin barrier telah rusak, dan pelembap apapun yang digunakan tak banyak membantu hingga kamu memperbaiki masalah tersebut.

Solusi: Kesalahan ini terlerak pada rutinitas harian. Pertama, cek setiap kandungan produk skincare yang digunakan dan singkirkan masalah utamanya. Pada cleanser, hindari kandungan sodium laureth sulfate dan ammonium laureth sulfate. Kedua kandungan tersebut mampu merusak skin barrier. Lalu hindari produk yang terlalu agresif seperti retinol, AHA, eksfoliator fisik, dan peeling product. Dengan langkah ini maka kulit akan kembali kuat dan pelembap yang digunakan akan bekerja optimal.

Kulit kering

Penyebab: Jika kamu sudah mengaplikasikan pelembap secara rutin namun kulit tetap terasa kering dan bersisik, hal ini dikarenakan formula pelembap yang kurang baik.

Solusi: Pahami lagi kandungan pelembap tersebut, pilih yang mampu memperbaiki skin barrier seperti kandungan primerose oil, cranberry oil, shea butter, jojoba oil, atau sweet almond oil. Ceramides juga merupakan barrier repairing ingredients yang dapat mempertahankan kelembapan kulit.

Kulit breaking out

Penyebab: Jika kamu memiliki kulit cenderung berjerawat, berarti kamu membutuhkan formula pelembap yang mampu memperbaiki skin barrier dan tidak menyebabkan sumbatan pada pori-pori. Biasanya kulit berjerawat dikarenakan pertahanan kulit yang menurun dan menyebabkan kondisinya mudah teriritasi.

Solusi: Pilih pelembap yang menargetkan pada jerawat untuk memperbaiki dan meningkatkan hidrasi pada kulit dan sesuai dengan kondisi yang diperlukan.

Untuk menemukan formula pelembap yang tepat, pastikan untuk selalu cek kandungan yang tepat bagi kulit. Pastikan agar kandungan tersebut sesuai sehingga tidak menimbulkan masalah yang cukup menyita perhatian.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading