Sukses

Beauty

Bersihkan Rambut dan Kulit Kepala, Tanaman Ini Bisa Jadi Pengganti Sampo

Fimela.com, Jakarta Zaman dahulu, perempuan menggunakan bahan-bahan alami untuk membersihkan diri setiap hari, termasuk kulit kepala dan rambut. Salah satu tanaman yang dikenal baik untuk membersihkan kulit kepala dan rambut adalah Shikakai. 

Tanaman bernama latin acacia concinna ini berasal dari India. Dilansir dari Curl Centric, buah pohon Shikakai digunakan sebagai sampo untuk membersihkan kulit kepala dan rambut. 

Bukan hanya membersihkan, namun buah Shikakai juga bisa menghilangkan ketombe secara alami. Dahulu, perempuan-perempuan di India mengeringkan buah Shikakai sebelum digiling hingga menjadi bubuk Shikakai. 

Hingga kini, masih banyak perempuan yang mengenakan Shikakai sebagai pengganti sampo untuk mendapatkan rambut dan kulit kepala sehat dan terbebas dari bahan kimia yang dapat merusak kesehatan rambut. 

Selain merupakan bahan alami, Shikakai juga tidak akan membuat rambutmu menjadi kering dan kusut, karena mampu membersihkan rambut dan kulit kepala dari kotoran tanpa menghilangkan minyak alami. 

Cara Menggunakan Bubuk Shikakai pada Rambut

Untuk mengaplikasikan bubuk Shikakai, kamu bisa mencampurnya dengan air hangat, atau aloe vera juice. Aduk hingga tercampur dengan merata tanpa ada gumpalan. 

Setelah itu, basahi rambut dan aplikasikan Shikakai pada kulit kepala dan rambut. Namun, Essence menulis, jangan mendiamkan Shikakai pada rambut dan kulit kepala lebih dari 5 menit karena akan membuat rambut menjadi sangat kering.

Setelah dibilas hingga bersih, sebaiknya kamu menggunakan masker rambut untuk memberikan ekstra nutrisi dan menghindari rambut menjadi lebih kering dan kusut. Selamat mencoba, ya!

;
Loading