Sukses

Beauty

Panduan Dalam Menggunakan Produk Kecantikan Menurut Ahli

Fimela.com, Jakarta Pernahkah Sahabat Fimela memakai suatu produk skin care dengan jumlah yang cukup banyak dalam sekali pemakaian? Alih-alih ingin mendapatkan hasil optimal dalam waktu singkat, penggunaan produk skin care secara berlebihan justru dapat mengakibatkan berbagai permasalahan kulit, lho! Begitu pun sebaliknya, penggunaan dalam jumlah yang minim juga akan membuat efektivitas produk menjadi tidak optimal. Oleh karena itu, kita perlu mengetahui aturan serta takaran yang tepat dalam setiap pemakaian produk skin care yang digunakan sehari-hari. Lantas, seberapa banyak takaran yang tepat? Cari tahu jawabannya di sini, yuk!

1. Face Cleanser

Setelah seharian beraktivitas, tentu wajah kita akan menyerap banyak sekali kotoran dan debu. Oleh karenanya, penggunaan face cleanser sangat dibutuhkan untuk membersihkan wajah. Namun, menggunakan face cleansersecara berlebihan ternyata bisa membuat kulit menjadi kering. Setiap jenis pembersih wajah sebenarnya memiliki takaran khusus dalam aturan pemakaiannya. Menurut skin care blogger Caroline Hirons, face cleanserberupa face wash, kamu cukup mengeluarkan produk sebesar buah kersen, terutama ketika kamu tidak mengenakan makeup yang tebal. Sedangkan untuk produk cleansing balm, perempuan yang telah lama bergelut di industri kecantikan dan berkecimpung di beauty retail selama 34 tahun ini juga menyarankan untuk menggunakannya sebesar buah anggur. Dan untuk produk seperti cleansing milk atau cleansing oil, kamu bisa menggunakan dua hingga 3 pump, atau sekitar satu sendok teh.

2. Face Scrub

Eksfoliasi kulit merupakan salah satu rutinitas perawatan yang penting dilakukan untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Salah satu bentuk produk eksfoliasi yang mudah kita temukan di pasaran adalah face scrub. Bagi yang menggunakan face scrub untuk eksfoliasi, Caroline juga menyarankan untuk menggunakan produk ini sebesar ukuran buah anggur untuk seluruh wajah. Dan, gunakan produk eksfoliasi sebanyak satu hingga 2 kali dalam seminggu, ya! Jika kamu menggunakan produk eksfoliasi secara berlebihan, yang dikhawatirkan justru adalah timbulnya permasalahan kulit baru, salah satunya iritasi.

3. Toner

Karena memiliki tekstur yang cair, terkadang kita sering kurang menyadari telah menuangkan isi produk terlalu banyak. Toner sendiri memiliki 2 jenis varian, yaitu acid toner dan hydrating toner. Masing-masing jenis toner tersebut memiliki cara pemakaian yang berbeda. Untuk acid toner yang memiliki fungsi sebagai chemical exfoliating, Caroline tidak menganjutkan para pengguna untuk menuangkan isi pada telapak tangan. Untuk mengaplikasikan acid toner, kamu perlu menggunakan kapas dengan menuangkan isi produk sebanyak 2 hingga 3 kali. Sedangkan hydrating toner, kamu bisa langsung menggunakan kapas atau langsung menuangkan ke tangan lalu menepuk-nepukkannya ke wajah dengan lembut dan menuangkan isinya sebanyak 3 sampai 4 kali.

4. Serum Wajah atau Ampul

Serum atau ampul memang dikenal memiliki tekstur yang lebih thick dan punya kandungan yang lebih kaya. Jika kamu berpikir untuk mendapatkan hasil yang cepat dan optimal diperlukan penggunaan produk dalam takaran yang lebih banyak, sayangnya itu keliru. Tapi ternyata, takaran yang benar dalam menggunakan serum atau ampul cukup dengan satu pump saja. Kemasan serum sendiri pada umumnya dibuat dengan menggunakan botol kaca yang dilengkapi dengan penutup berupa liquid dropper, yang memudahkan kamu mengeluarkan isi produk sesuai takarannya.

5. Eye Cream

Kulit pada area mata memiliki tekstur yang lebih tipis dan sensitif, sehingga area ini membutuhkan produk perawatan khusus. Eye cream merupakan produk yang diformulasikan khusus untuk merawat area kulit sekitar mata. Menurut dr. David Colbert, pakar kecantikan Hollywood pada situs WebMD, banyaknya jumlah produk krim mata yang sebaiknya kamu gunakan hanyalah sebesar kacang polong, dan apikasikan produk dengan lembut secara merata pada sekitar kulit mata agar area tersebut dapat terjaga kelembapannya. Hindari penggunaan berlebihan untuk mencegah iritasi, kemerahan pada daerah kulit mata.

6. Pelembap

Untuk menjaga kulit wajah tetap lembap, maka kamu tidak boleh lupa untuk menggunakan moisturizer. Namun, penggunaan moisturizer yang berlebihan bisa membuat kulit wajah menjadi berminyak atau greasy. Seperti yang tertera dalam situs The Klog, jumlah yang ideal dalam pemakaian moisturizer untuk sehari-hari adalah seukuran uang koin untuk pemakaian ke seluruh wajah dan juga leher. Tidak lupa pilih lah moisturizer yang sesuai dengan kebutuhan dan jenis kulit kamu.

7. Sunscreen

Saat akan beraktivitas pada pagi atau siang hari, sunscreen merupakan produk yang wajib kamu gunakan untuk melindungi kulit dari sengatan sinar matahari. Sunscreen sendiri tidak hanya dapat digunakan pada wajah saja, tapi juga bisa diaplikasikan ke kulit tubuh. Namun, tentu saja aturan jumlah pemakaian sunscreen pada kulit wajah dan tubuh sangatlah berbeda. Masih berdasarkan yang tertera pada situs The Klog, takaran penggunaan yang kamu aplikasikan pada wajah dan leher adalah sebanyak satu sendok makan. Namun jika kamu memiliki besar wajah yang lebih kecil, kamu cukup mengaplikasikan sunscreen sebanyak satu sendok teh saja. Selain itu, jangan lupa re-apply sunscreen kamu setiap 3-4 jam sekali, ya!

Baca juga: Menyimpan Produk Skin Care pada Suhu Ruang yang Terlalu Panas, Adakah Efek Buruknya?

Semoga informasi ini bermanfaat ya. Selamat mencoba.

Loading
Artikel Selanjutnya
Beauty Hacks yang Bisa Dilakukan untuk Memaksimalkan Penggunaan Serum
Artikel Selanjutnya
Perawatan Kulit untuk Calon Pengantin yang Sebulan Lagi Menikah